Berkat 3 Film Box Office, Disney Raup Pendapatan Rp106 Triliun di 2018

Walt Disney tetap satu-satunya studio yang membukukan pendapatan lebih dari US$ 7 miliar dari box office dalam setahun.
Image title
4 Januari 2019, 22:00
Poster Film Bumblebee
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Beberapa pengunjung Cinema XXI Jatinegara melintas di depan poster film Bumblebee, Matraman, Jakarta Timur (26/12).

Walt Disney mengklaim 2018 sebagai tahun terbaik bisnisnya diukur dari perolehan pendapatan di box office. Perusahaan meraup US$ 7,33 miliar atau sekitar Rp 106 triliun (kurs Rp 14.500 per dolar Amerika Serikat) dari seluruh dunia atas beberapa film, seperti Black Panther, Avengers: Infinity War, Incredibles 2, dan Star Wars.

Korporasi asal Amerika Serikat (AS) itu tetap satu-satunya studio yang membukukan pendapatan lebih dari US$ 7 miliar dari box office dalam setahun. Bahkan, pada 2016 diperoleh US$ 7,6 miliar.

"Terima kasih atas dukungan penggemar Disney, Pixar, Marvel Studio dan Lucasfilm dari seluruh dunia. Ini adalah tahun monumental untuk The Walt Disney Studios," kata pemimpin Walt Disney Alan Horn mengutip AFP, Jumat (4/1).

(Baca juga: Prospek Bisnis Film 2019: Saluran Distribusi Digital Kian Mewabah)

Advertisement

Khusus di Amerika Utara, Disney menghasilkan hampir US$ 3,1 miliar. Angka ini menjadi rekor baru secara industri berkat kesuksesan film Black Panther, Avengers: Infinity War, dan Incredibles 2.

Alhasil, judul-judul tersebut masuk ke dalam daftar sepuluh film terlaris sepanjang masa. Masing-masing menghasilkan lebih dari US$ 600 juta di AS dan Kanada. Secara kumulatif, ketiganya membawa pulang US$ 4,64 miliar dari seluruh dunia.

Keberhasilan lain Walt Disney dicapai melalui sejumlah film pahlawan super Marvel, yaitu Ant-Man dan The Wasp, Solo: A Star Wars Story, serta Mary Poppins Returns. Judul-judul ini menghasilkan lebih dari US$ 200 juta dari seluruh dunia dan kini sedang tayang di bioskop.

(Baca juga: Riset Jadi Kekuatan Ikat Indonesia Mendesain Fesyen Mickey Mouse)

Pada 2019, Disney juga menyiapkan sejumlah tayangan layar perak, yakni Captain Marvel, Avengers: Endgame, Frozen 2, dan Star Wars: Episode IX. Ada pula versi baru animasi klasik Dumbo, Aladdin, The Lion King, serta Toy Story 4 yang melibatkan Pixar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait