Empat Film Indonesia yang Berprestasi di Luar Negeri pada 2018

Dini Hariyanti
28 Desember 2018, 16:04
Film di Bioskop XXI
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi. Suasana pemutaran film Aruna dan Lidahnya di Jakarta, Kamis, (27/09/2018).

Sejumlah karya sineas Indonesia mendapat apresiasi di luar negeri meskipun respons pasar domestik tak signifikan. Film-film ini tayang di bioskop dalam waktu singkat bahkan ada yang sama sekali tak diputar, berikut empat di antaranya.

1. Kado

Film pendek ini pertama kali diputar di Amerika Serikat (AS) dalam Sundance International Film Festival 2018. Kado merupakan karya Aditya Ahmad yang sebelumnya dinobatkan sebagai film pendek terbaik versi Venice International Film Festival 2018 kategori Orizzonti Section. Aditya menjadi satu-satunya sineas Indonesia yang ikut serta dalam acara yang berlokasi di Italia itu. Di Tanah Air, Kado meraih Piala Citra dengan kategori sama.

(Baca juga: Sepuluh Film Indonesia Terlaris Sepanjang 2018)

2. Sekala Niskala (The Seen and Unseen)

Film ini memenangkan penghargaan kategori Generation Kplus International Jury pada festival film internasional Berlinale 2018 di Berlin, Jerman. Karya Sutradara Kamila Andini ini tayang perdana di Toronto International Film Festival.

Sekala Niskala juga memperoleh sejumlah penghargaan lain, yaitu Film Remaja Terbaik Asia Pacific Screen Awards 2017, Film Terbaik Tokyo FILMeX 2017, dan Film Terbaik Jogja-Netpac Asian Film Festival.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...