Penenun Endek Bali Kekurangan Suplai Benang dari Daerahnya

Dini Hariyanti
26 Desember 2018, 12:14
Paviliun Indonesia di Annual Meeting IMF-WB 2018
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA
Dua orang pengunjung sedang melihat kain batik yang dijual dalam acara Indonesia Pavillion, Nusa Dua , Bali (12/10). Indonesia Pavilion adalah bentuk sinergi BUMN yang juga didukung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian ESDM, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Keuangan.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali menyayangkan bahan baku benang untuk membuat kain endek khas Pulau Dewata berasal dari daerah lain. Pemerintah daerah diharapkan lebih intensif mendorong peningkatan produksi perkebunan kapas setempat.

Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster mengatakan, swadesi di bidang sandang membutuhkan suplai bahan baku di hulu hingga hilir dari industri lokal. Swadesi adalah gerakan yang menganjurkan untuk menggunakan barang buatan bangsa sendiri.

Advertisement

"Kami mengharapkan, Dinas Pertanian atau Kehutanan bisa menyiapkan bibit kapas. Paling tidak dalam lima tahun ke depan bisa tumbuh kapas di mana-mana untuk dipintal," tuturnya, di Denpasar, Bali, Rabu (26/12).

(Baca juga: Tenun Tanimbar Maluku Tampil dalam Forum Bisnis di Tiongkok

Hal itu bertujuan agar perajin kain endek tidak kehabisan bahan baku benang berkualitas dari perkebunan kapas di daerahnya sendiri. Dekranasda juga menginginkan lebih banyak masyarakat yang menggunakan kain khas Bali yang dibuat penenun asli Pulau Dewata.

"Kalau kita menggunakan kain endek Bali tetapi diproduksinya di luar Bali dan kita hanya sebagai konsumen, sangat miris sekali," kata Putri. (Baca juga: Mayoritas Masuk Lewat Bali, Turis Asing ke RI pada Oktober Naik 11,2%)

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement