Upnormal dan Lima Merek Kopi Spesial Ekspansi ke Luar Negeri

Dini Hariyanti
13 Desember 2018, 21:02
Kopi Indonesia
Dini Hariyanti | Katadata
Bekraf melakukan sosialisasi logo "Kopi Indonesia" kepada awak media, di Jakarta, Kamis (22/11).

Sebanyak enam jenama bisnis hilir kopi akan ekspansi ke luar negeri pada 2019. Tidak hanya mengekspor kopi premium hasil sangrai roastery lokal, tetapi juga menghadirkan fisik kedai kopi mereka ke hadapan konsumen asing.

Wakil Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia Daroe Handojo menyebut salah satu jenama yang bakal ekspansi adalah Upnormal. "Upnormal berencana buka tiga sampai empat cabang dan ekspor roasted beans ke AS," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (13/12).

Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu tujuan pasar ekspor utama yang dibidik para pebisnis kopi. Alasannya, Negeri Paman Sam merupakan kiblat bisnis kopi dunia. Apabila jenama lokal mampu menembus market ini, diyakini lebih mudah merambah negara lain.

(Baca juga: Resep Pendiri Warunk Upnormal untuk Memanjangkan Bisnisnya

Daroe membenarkan bahwa AS termasuk negara mitra dagang konvensional bagi Indonesia. Strategi menjajaki pasar ini terlebih dulu dinilai tepat mengingat upaya masuk ke market konvensional maupun nonkonvensional sama besarnya.

"Cuma kalau ke pasar nonkonvensional, sebutlah Afrika Selatan, usaha untuk jual 100 kilogram kopi dengan satu ton (ke AS) sama. Jadi, prioritaskan pasar besar baru masuk ke market yang lebih kecil," tuturnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...