BI Targetkan 125 Ribu UMKM Go Online, Bisnis Kreatif Makin Cuan

Dini Hariyanti
7 Desember 2018, 20:31
UMKM
Donang Wahyu | Katadata

Bank Indonesia (BI) menargetkan sedikitnya 125 ribu pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memasarkan produk melalui platform digital alias go online pada tahun 2024. Produk fesyen, kuliner, dan kerajinan tangan atau kriya termasuk yang paling propesktif.

"Program UMKM Go Online dari BI tidak hanya melakukan kurasi tetapi juga pembinaan dan engagement. Untuk pasar domestik, produk yang potensial itu kriya, kuliner, dan fesyen," kata Miftahul Khoiri, Perwakilan Divisi Teknologi Finansial BI kepada Katadata.co.id usai diskusi Pasar Inspirasi, di Jakarta, Jumat (7/12) malam.

Advertisement

Program UMKM Go Online yang dijalankan bank sentral tidak mengkhususkan bisnis di bidang tertentu saja. Bank Indonesia mengaku berupaya menjangkau semua sektor usaha mikro, kecil, dan menengah, semisal kuliner, pariwisata, bahkan pertanian.

(Baca juga: Bidik Milenial, Klen and Kind Andalkan Pemasaran dan Transaksi Digital

Miftahul menyatakan, target 125 ribu UMKM Go Online pada 2024 tidak hanya mengakomodir pelaku usaha yang dibina BI di berbagai daerah. Program ini menjangkau semua UMKM termasuk mereka yang menjadi binaan pemerintah daerah.

Bank sentral mengaku bakal menjembatani para UMKM agar masuk marketplace domestik bahkan global. "Kami masukkan mereka ke marketplace, seperti e-commerce maupun seperti Gofood, serta marketplace global. Kami dorong agar mereka bisa ekspor," ucap Miftahul.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement