Eatwell Culinary Perluas Jaringan Restoran ke Kota Level Kedua

Dini Hariyanti
15 November 2018, 15:57
Restoran Dapur Solo
Katadata / Dapur Solo
Suasana persiapan pesanan di dalam dapur pusat Restoran Dapur Solo.

PT Eatwell Culinary Indonesia hendak memperluas jangkauan restorannya ke kota-kota level kedua dan ketiga (second and third tier). Sejumlah daerah yang mulai dijajaki ialah Gresik, Purwokerto, dan Tasikmalaya.

CEO PT Eatwell Culinary Indonesia Sumarno Ngadiman menyatakan, potensi bisnis di kota-kota level kedua diyakini terus tumbuh. Asumsi ini sejalan dengan semakin banyak pusat perbelanjaan atau mal yang hadir di sana.

"Kalau bukan kami maju sendiri ke sana, siapa lagi. Di sejumlah kota level kedua sudah mulai ada mal dan semakin banyak. Ini mengindikasikan pergi ke pusat perbelanjaan semakin menjadi gaya hidup," ucapnya kepada Katadata.co.id, Kamis (15/11).

Kehadiran pusat perbelanjaan menjadi salah satu tolak ukur Eatwell Culinary untuk ekspansi bisnis ke wilayah baru. Pasalnya, jenama restoran casual dining yang bernaung di bawah perseroan basisnya memang di mal.

(Baca juga: Bisnis Kuliner di Luar Jakarta? Ini Saran Chicken Crush dan Burgreens

Sumarno mengakui konsumen di kota-kota level kedua dan ketiga tidak bisa disamakan dengan mereka yang ada di kota besar, seperti Jabodetabek. Perbedaan tak hanya terletak pada selera cita rasa masakan, aspek lainnya ialah cara berkomunikasi.

Penyesuaian paling utama yang akan dilakukan Eatwell Culinary, yakni pada sumber daya manusia (SDM) alias karyawan. "Kami berusaha karyawannya itu warga lokal agar bahasa dan gaya komunikasinya sama (dengan konsumen)," ucap dia.

Selain itu, Eatwell Culinary tak tertutup kemungkinan akan menyesuaikan cita rasa masakan. Contohnya, apabila konsumen setempat rerata penggila sensasi pedas, akan digunakan cabai yang memiliki tingkat pedas lebih tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...