Basis Data Tertata, Pendapatan Industri Musik Capai Rp 10 Triliun

Dini Hariyanti
30 Oktober 2018, 17:08
Elek Yo Band
Sekretariat Presiden
Sejumlah anggota Kabinet Kerja membentuk grup musik bernama Elek Yo Band

Potensi valuasi bisnis musik bisa menyentuh Rp 5 triliun bahkan Rp 10 triliun per tahun. Angka ini dapat dicapai asalkan penetrasi internet radio di dalam negeri sejalan dengan tren di Amerika Serikat, yakni mencapai 75% dari total pengguna ponsel pintar.

Hal itu dikemukakan Hemat Dwi Nuryanto selaku Pendiri Svara. Jenama yang dinaungi PT Svara Inovasi Indonesia ini merupakan aplikasi untuk radio, musik, podcast, dan media sosial. Kini terdapat sekitar 800 stasiun radio yang bergabung dengan platform digital ini.

"Dalam 5 tahun terakhir, internet radio di AS tumbuh pesat selaras pertumbuhan smartphone. Pengguna smartphone sekitar 257 juta, 75% memakai internet radio," tuturnya kepada Katadata.co.id ditemui dalam Bekraf Blockchain Forum, Jakarta, Selasa (30/10).

Di Indonesia terdapat sekitar 120 juta pengguna ponsel pintar alias smartphone. Mengacu kepada tren di Amerika Serikat (AS) maka 75% pengakses internet radio di Tanah Air setara dengan 90 juta pengguna ponsel pintar.

Hemat menyatakan, mayoritas pengakses layanan internet radio adalah pengguna nonpremium alias tidak berlangganan. Dengan demikian, pendapatan utama bagi pegiat industri musik dan radio berasal dari iklan.

"Dengan asumsi (pengguna) premium hanya 10% (dari 90 juta), pendapatan industri radio dan musik kebanyakan dari iklan. Dengan begini saja pendapatannya bisa Rp 5 triliun. Kalau pengakses (internet radio) premium 20% bisa menjadi Rp 10 triliun," ucapnya.

Menyadari seberapa besar potensi bisnis dari industri radio, musik, dan podcast maka dibutuhkan sistem pengaturan yang komprehensif dan transparan. Opsi yang berkembang ke depan ialah memanfaatkan teknologi blockchain.

Basis data industri musik yang sedang dimatangkan pemerintah melalui Badan Ekonomi Krearif (Bekraf) bernama Portamento. Database blockchain terintegrasi ini diklaim lebih transparan bagi pemilik hak cipta karya musik.

(Baca juga: Bekraf Bakal Manfaatkan Blockchain untuk Project Portamento

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...