Pacu Bisnis, Pengembang Gim Tingkatkan Kualitas Produk

Dini Hariyanti
19 Oktober 2018, 17:10
Internet digital
Arief Kamaludin|KATADATA

Pelaku bisnis kreatif subsektor permainan menilai, selama beberapa tahun terakhir bidang usaha yang mereka geluti membaik dari segi peluang pasar maupun kualitas sumber daya manusia (SDM). Meski demikian, game developer menyadari bahwa mutu produk tetap harus ditingkatkan.

Managing Director Lentera Nusantara Wahyu Agung Pramudita menuturkan, produk yang dihasilkan para pengembang game lokal lebih berkualitas terutama dalam empat tahun terakhir. Tapi diakui pula bahwa bidang usaha ini belum sempurna.

"(Misalnya) kami kesusahan mengkoordinir SDM agar bersama-sama bisa menghasilkan produk game yang tidak kalah dari creator papan atas. Ruang pasar sudah besar tinggal meningkatkan kualitas supaya setara dengan produk dari luar negeri," katanya menjawab Katadata.co.id, Kamis (18/10).

(Baca juga: Potensi Pasar Gim Indonesia Rp 55,5 Triliun pada 2022

Lentera Nusantara menyebut dirinya sebagai intelectual property house berbasis teknologi dan seni. Perusahaan rintis (startup) ini hendak membawa kekayaan budaya Indonesia ke dalam platform digital. Aplikasi gim konsolnya yang terkenal adalah Ghost Parade.

Guna meningkatkan kualitas produk, Lentera Nusantara punya strategi tersendiri. Startup ini memutuskan untuk menyajikan Ghost Parade sebagai permainan konsol. Alasannya, gim jenis ini relatif lebih sulit dibandingkan dengan mobile game.

"Kami memilih gim konsol daripada mobile game karena kami pemain baru maka harus membuat milestone dulu. Kami berusaha mencapai lompatan yang jauh dulu. (Menurut kami) konsol ini yang tersulit untuk kerjakan," tutur Wahyu.

Lentera Nusantara mengakui bahwa keputusan mereka mengembangkan permainan konsol terbilang tak sejalan dengan tren pasar. Secara umum, konsumen sekarang lebih banyak memainkan mobile game.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...