Resep Pendiri Warunk Upnormal untuk Memanjangkan Bisnisnya

Dini Hariyanti
18 Oktober 2018, 07:47
Warunk Upnormal
www.warunkupnormal.com
Warunk Upnormal berencana ekspansi ke sejumlah negara kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina dan Thailand.

PT Citrarasaprima Indonesia Berjaya memastikan kesuksesan bisnis kuliner yang dijalankannya bukan sekadar untung-untungan. Perseroan yang menaungi brand Warunk Upnormal ini menekankan, perencanaan merupakan faktor penting dalam mengembangkan usahanya.

Pendiri sekaligus Direktur Pemasaran CRP Group Rex Marindo menuturkan bahwa skala bisnis yang mulai dirintis bukanlah masalah. Hal yang mendasar justru visi jangka panjang atas usaha yang dijalankan.

Advertisement

"Bagaimana kita meletakkan visi dan sasaran untuk bisa berkembang ke depan kemudian dibikin perencanaan. Lalu detailkan rencana harian tersebut untuk dijalankan. Dan saya kalau memulai bisnis selalu optimis bisa jalan," tuturnya menjawab Katadata.co.id, Rabu (17/10).

(Baca juga: Alasan Kuliner Indonesia Kurang Populer di Luar Negeri

Guna menyusun rencana bisnis komprehensif, seseorang perlu memahami karakter usaha yang akan dijalankannya. Selain itu, dalam merintis usaha juga perlu mengetahui konsep dasar terkait pemasaran dan pengelolaan keuangan.

Aspek krusial yang perlu dituangkan ke dalam proposal rencana bisnis adalah unsur pembeda dari produk atau jasa yang dimiliki kompetitor. Apabila ini tak dipikirkan matang kerap berujung restoran yang dibuka sekadar keren-kerenan dekorasi tempat.

"Dasarnya adalah untuk memastikan bisnis akan berjalan maka ilmu harus punya, seperti pemasaran dan keuangan. Kita sebagai pebisnis juga harus punya keunikan yang kuat untuk dijual, jangan cuma berujung siapa yang tempatnya lebih keren," tutur Rex.

(Baca juga: Investasi Mesin dan Margin Jadi Tantangan Warkop Garap Jasa Sangrai)

PT Citrarasaprima Indonesia Berjaya (CRP Group) mulai terjun ke bisnis kuliner pada 2013. Fokus pengembangan bisnisnya adalah menjual kekayaan dan keunikan cita rasa kuliner lokal. Sampai dengan saat ini terdapat beberapa merek dan produk kuliner yang dinaungi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement