Pemanfaatan Data Harus Selaras dengan Fokus Bisnis

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
25 September 2020, 13:03
The Power of Data - Pemanfaatan Data
Katadata

Pelaku bisnis di sejumlah bidang menegaskan pentingnya memahami nilai-nilai yang menjadi fokus perusahaan sebelum melakukan pengolahan data. Dengan demikian, pemilihan data yang akan diolah untuk kepentingan bisnis menjadi lebih efisien dan terarah.

Deloitte mencatat, aktivitas manusia saat ini menghasilkan sekitar 2,50 triliun byte data per hari. Sumbernya tidak lagi didominasi komputer maupun laptop, kini bergeser ke ponsel pintar yang tersambung dengan jaringan internet.

Advertisement

Data Analytics Deloitte Tantiny Tanjung menjelaskan bahwa ada begitu banyak data yang tersedia. Tapi, tidak semua data perlu diolah agar dapat bermanfaat bagi perkembangan organisasi bisnis. Data juga tidak terbatas pada angka dan huruf saja melainkan pula gambar, suara, dan lain-lain.

“Poin pentingnya, bagaimana menemukan value inti suatu perusahaan. Sebelum data diolah, ketahui dulu apa fokus perusahaan,” katanya dalam diskusi The Power of Data yang digagas Katadata Indonesia, Jumat (25/9/2020).

Tantiny mengutarakan lebih lanjut, saat ini kita berada pada era banjir informasi lantaran ada begitu banyak data yang dihasilkan setiap individu per hari. Dalam bisnis, banyaknya data yang tersedia menuntut suatu organisasi bisnis bisa mengetahui dengan pasti value yang hendak ditonjolkan, kemudian pengolahan data menyesuaikan terhadap hal itu.

Tidak semua data yang ada perlu dipakai. Jika sudah memastikan fokus perusahaan barulah masuk ke tahap pengolahan data guna menjadi bekal dalam menyusun strategi bisnis. Setelah itu, faktor lain seperti SDM dan teknologi ikut berperan.

Deloitte mencatat pula bahwa sektor telekomunikasi adalah penghasil data terbanyak, contohnya Telkom Indonesia. Head of Data Telkom Komang B. Aryasa mengutarakan pandangan senada dengan Tantiny bahwa sebetulnya data tersebar pada banyak sendi kehidupan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Tim Publikasi Katadata
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement