Upaya Daerah Entaskan Kemiskinan Akibat Pandemi Covid-19

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
3 November 2020, 17:41
Pjs. Wali Kota Gunung Sitoli, Abdul Haris Lubis memaparkan materi dalam acara webinar Katadata Regional Summit 2020, Selasa (3/11/2020).
Adi Maulana Ibrahim |Katadata
Pjs. Wali Kota Gunung Sitoli, Abdul Haris Lubis memaparkan materi dalam acara webinar Katadata Regional Summit 2020, Selasa (3/11/2020).

Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, akibat pandemi Covid-19, angka kemiskinan pada Maret 2020 bertambah 1,63 juta orang menjadi 26,4 juta orang. Jumlah ini diperkirakan terus meningkat, dan masyarakat lapisan bawah menjadi kalangan yang paling merasakan dampaknya.

Pengaruh Covid-19 terhadap kemiskinan berawal dari pandemi yang menyebabkan penurunan aktivitas ekonomi. Hal ini terkait kebijakan pemerintah guna menahan laju penyebaran virus corona, misalnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penurunan aktivitas kemudian menghambat pertumbuhan ekonomi mengingat rerata pengeluaran rumah tangga juga turun.

Salah satu survei BPS mencatat bahwa 4 dari 10 responden mengaku, pemasukan mereka berkurang selama pandemi Covid-19. Pelaku usaha pun menyatakan, pada umumnya 8 dari 10 perusahaan mengalami penurunan pendapatan.

Katadata Indonesia bekerja sama dengan sejumlah pihak menyelenggarakan rangkaian seminar virtual Regional Summit 2020. Salah satu sesi mengulik seputar solusi dan aksi nyata pemerintah pusat hingga daerah maupun pemangku kepentingan lain dalam mengatasi kemiskinan akibat pandemi Covid-19.

Di dalam sesi tersebut, salah satu yang disorot adalah Kota Gunungsitoli di Sumatra Utara. Satu dari banyak daerah di Indonesia yang sekuat tenaga berupaya mengentaskan kemiskinan di tengah kemampuan dan sumber daya yang terbatas.

“Tantangan utama pembangunan di daerah kami, yang pertama, memang adalah angka kemiskinan yang relatif tinggi 16,23 persen. Ini sertai kurang memadainya kualitas SDM, serta keterbatasan finansial daerah,” ujar Pjs. Wali Kota Gunungsitoli Abdul Haris Lubis, Selasa (3/11/2020).

Pemerintah kota Gunungsitoli selama ini berupaya melakukan terobosan untuk mengentaskan kemiskinan. Tidak hanya ditempuh dengan membuka akses wilayah terisolir dan lahan pertanian. Pemkot juga menargetkan tak ada lagi nelayan yang melaut menggunakan perahu tanpa motor mulai 2021. Dan tentunya, dilakukan pula perbaikan kualitas layanan kesehatan.

Strategi tersebut menghadapi tantangan tersendiri manakala berhadapan dengan pandemi Covid-19 sejak kisaran Maret 2020. Abdul menjelaskan, menindaklanjuti Instruksi Presiden 4/2020, pihaknya melakukan penyesuaian APBD 2020 yang mengakibatkan berkurangnya nilai APBD sekitar Rp 40 miliar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...