Filosofi Kolak Pisang yang Kental Nilai Islami

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Riset dan Publikasi
9 April 2021, 21:30
PERMINTAAN BUAH PISANG MENINGKAT MEMASUKI RAMADHAN
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.

Memasuki Ramadan, biasanya akan tersaji sejumlah menu kuliner yang tidak sering muncul pada bulan-bulan lainnya. Sebenarnya, menu – menu tersebut bisa saja dihadirkan di luar bulan puasa, tapi bagi sebagian orang mungkin momennya kurang pas. Sebut saja, misalnya kolak pisang kepok.

Cara pembuatan kolak yang sering diidentikkan sebagai makanan berbuka puasa ini terbilang mudah. Menurut Fadly Rahman, selaku sejarawan dan penulis buku Jejak Rasa Nusantara: Sejarah Makanan Indonesia, kolak bisa saja dipengaruhi oleh budaya Arab.

Advertisement

Ya, kata kolak kemungkinan berasal dari kata “khalik”, yang artinya sang pencipta. Banyak ahli sejarah yang mengatakan bahwa kolak merupakan salah satu sarana untuk menyebarkan islam pada masa lampau. Tapi belum ditemukan sumber otentik bahwa kolak merupakan sarana penyebaran islam.

Fadly mengutarakan, bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatan kolak dapat membenarkan teori tersebut. Sebagaimana diketahui, bahan – bahan pembuatan kolak yang terdiri dari pisang, gula aren serta ubi, merupakan bahan – bahan yang mudah didapatkan di sebagian besar wilayah Indonesia. Persebaran bahan – bahan pembuat kolak ini dinilai sebagai perpaduan islam dengan budaya lokal.

Bahan dasar kolak juga ditengarai memiliki makna tersendiri. Hal ini diungkapkan arkeolog pada situs sejarah Historia Dwi Cahyono. Bahwa makna dari bahan-bahan tersebut, antara lain :

1. Pisang kepok. Dalam kolak, pisang merupakan bahan utama. Pisang yang dipakai adalah pisang jenis kepok. Dalam bahasa jawa, kepok artinya jera. Sehingga dalam kolak, adanya pisang kepok akan mengingatkan manusia agar kapok (jera) berbuat dosa, serta bertobat kepada Tuhan.

2. Dalam bahasa jawa, ubi juga disebut sebagai “telo pendem”. Pendem artinya kubur. Sehingga filosofi dari adanya ubi dalam kolak ini adalah mengubur kesalahan dalam-dalam.

Terlepas dari makna di balik resep kolak pisang, tak lengkap rasanya membahas kuliner ini tetapi tidak menyertakan cara pembuatannya. Oleh karena itu, di bawah ini adalah resep si kolak pisang.

Bahan-bahan :

1. Pisang kepok matang

2. Santan dari ½ butir kelapa

3. Gula aren berkualitas 150 gram

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement