Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berpuasa

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Riset dan Publikasi
10 April 2021, 21:45
BANJIR ROB PADA BULAN RAMADHAN
ANTARA FOTO/Aji Styawan/hp.

Saat sedang berpuasa, ritme metabolisme tubuh akan berbeda. Sebab, tidak ada makanan yang harus dicerna, jumlah asam di lambung akan turun, kantung empedu juga mengurangi cairannya. Produksi enzim pencernaan di pankreas menurun, usus kecil untuk sementara waktu akan berhenti menyerap nutrisi.

Kondisi tersebut tentu akan mempengaruhi vitalitas tubuh. Namun, dengan mengistirahatkan organ pencernaan saat berpuasa, akan mendetoksifikasi racun tubuh dan membuat tubuh semakin sehat.

Hal yang perlu diperhatikan saat berpuasa adalah menjaga asupan makanan dan minuman. Jika Anda salah memasukkan makanan ke dalam lambung yang sedang bekerja di bawah normal maka kerja organ pencernaan bisa terganggu. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari selama bulan puasa.

1. Makanan yang terlalu asin atau mengandung natrium tinggi

Kandungan garam tinggi pada makanan asin menjadi penyebab seseorang mudah terserang dehidrasi. Garam bersifat menyerap air sehingga Anda akan menjadi lebih mudah haus. Mi instan lebih parah, selain lambung harus bekerja keras untuk bisa mencernanya, kadar garam natrium yang tinggi akan membuat Anda menderita haus, bahkan mungkin sebelum siang hari.

2. Makanan pedas

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...