Swasta Buktikan Dukungan terhadap Industri Halal

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Riset dan Publikasi
10 April 2021, 23:45
PERTUMBUHAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.

Pebisnis papan atas semakin menunjukkan perhatiannya terhadap ekonomi syariah yang mencakup sektor riil alias industri halal. Contohnya adalah Unilever yang mengembangkan program industri halal melalui Unilever Muslim Centre of Excellence (Unilever MCoE).

Mengutip pemberitaan sejumlah media massa, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. Ira Noviarti menjelaskan, sebagai pemain lama di industri fast moving consumer goods (FMCG), pihaknya akan terus berusaha memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang didominasi muslim, salah satunya melalui sektor industri halal.

“Komitmen ini telah kami mulai sejak tahun 1994, di mana kami menjadi salah satu perusahaan FMCG pertama yang pabriknya mendapat Sistem Jaminan Halal (SJH) halal dari MUI,” kata Ira belum lama ini.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendukung inisiatif swasta semacam itu. Wapres yakin dengan keterlibatan pelaku usaha secara lebih masif akan memberikan dampak positif terhadap pengembangan produk halal dalam negeri.

“Ini diharapkan dapat menjadikan UMKM Indonesia kembali bergerak dan berkembang menjadi bagian dari global value chain (rantai nilai global),” ujar Ma’ruf Amin. Dan secara lebih luas, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengutarakan hal senada, program semacam McoE  bisa memberikan dampak positif kepada ekonomi syariah di Tanah Air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...