Empat Pelopor Modest Fashion Indonesia

Image title
12 April 2021, 23:00
PERAGAAN BUSANA MUSLIM BERBAHAN RAMAH LINGKUNGAN
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Perkembangan modest fashion alias gaya busana tertutup di Indonesia terbilang cemerlang. Bisnis di bidang ini sekarang bisa meraup Rp 280 triliun dengan laju pertumbuhan sebesar 18,2 persen per tahun. Peluang pasar yang besar.

 

Advertisement

Tren busana tertutup nan santun tersebut mulai menyebar pada awal 90-an dan semakin menjamur setelah era 2000-an. Maraknya pasar modest fashion mulai terlihat saat terjadi krisis ekonomi di Eropa. Akibat krisis, penjualan busana konvesional mulai menurun, tetapi justru menjadi momen maraknya busanan modest.

 

Momen tersebut kemudian dimanfaatkan para desainer fesyen untuk memproduksi dan mempromosikan busana muslim. Di Indonesia sendiri banyak sekali desainer berbakat menyemarakkan pasar modest wear, berikut ini di antaranya.

 

1. Ida Royani

Artis yang populer pada era 80-an ini bisa disebut sebagai salah satu perancang busana muslim pertama, pada masanya belum ada desainer yang menggeluti bisnis busana muslim. Pada 1984 adalah tahun pertama Ida Royani memasarkan busana muslim karyanya di Sarinah dan ternyata diterima baik oleh konsumen. Sejak itu, Label Ida Royani makin dikenal bahkan kini telah merambah ke pasar Jepang, Belanda dan Amerika.

 

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement