Ragam Tradisi Khas Nusantara Sambut Ramadan

Image title
12 April 2021, 23:00
TRADISI MEMASAK KUAH BEULANGONG MAULID NABI
ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/foc.

Setiap daerah rasanya memiliki tradisi dengan ciri khas masing-masing dalam menyambut Ramadan. Beberapa tampak mirip, namun tetap saja masing-masing daerah punya keunikan tersendiri.

 

Advertisement

Bila boleh dikelompokkan, tradisi menyambut Ramadan biasanya berupa ziarah ke makam keluarga, tradisi membersihkan diri menjelang puasa, berkumpul sambil makan bersama, dan membuat panganan khas daerah masing-masing. Walaupun terkesan mirip, setiap daerah punya istilah dan tata cara ritual yang beragama. Mari sekilas berwisata ke penjuru Nusantara untuk menikmati keunikan penyambutan Ramadan ini.

 

1. Meugang, Nangroe Aceh Darussalam

Tradisi ini mirip  ritual penyembelihan hewan kurban pada Idul Adha. Dua hari menjelang Ramadan, masyarakat Aceh akan memotong hewan ternak dan dagingnya akan dimasak untuk keluarga dan lainnya akan dibagi-bagikan ke tetangga.

 

 

 

2. Punggahan, Sumut

Warga akan berkumpul di musholla atau masjid-masjid di sekitar rumah mereka sambil membawa makanan dari rumah masing-masing. Makanan dikumpulkan dan disantap bersama. Setelah itu, warga akan bersalaman sambil meminta maaf atas segala kesalahan selama setahun. Mereka percaya dengan dimaafkannya segala dosa-dosa kepada manusia, maka mereka akan dapat menjalani indah puasa dengan hati yang bersih.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement