Riset Bahan Baku Halal Butuh Dukungan Perguruan Tinggi

Image title
16 April 2021, 06:00
TES MASUK UGM
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj,

Dalam sebuah rantai produksi, bahan baku merupakan kebutuhan dasar untuk menghasilkan produk. Begitu juga pada industri halal, bahan halal menjadi hal mendasar yang sangat dibutuhkan untuk melakukan proses produksi.

Pemenuhan kebutuhan bahan baku halal menjadi tantangan tersendiri untuk pengembangan ekosistem halal di Indonesia. Riset yang dilakukan perguruan tinggi sangat diperlukan agar dapat berinovasi dan mengembangkan bahan halal.

Advertisement

Mengutip dari Halal.go.id, Matsuki selaku Pelaksana Tugas Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menjelaskan, "Bahan halal merupakan salah satu isu penting di dalam halal value chain. Karenanya, riset dan berbagai inovasi di perguruan tinggi sangat diperlukan untuk menjawab tantangan dalam pengembangan bahan halal bagi industri kita".

Sertifikasi halal di Indonesia menganut prinsip traceability atau dapat ditelusuri. Jadi, konsep halal dalam industri dibangun secara menyeluruh dengan mencakup seluruh aspek yang bisa ditelusuri dari kehalalannya dari hulu hingga hilir.

Industri halal di Tanah Air dibangun atas gabungan antara sains dan fiqih. Sains ini diterapkan dalam pemeriksaan dan/atau pengujian produk yang dilakukan oleh LPH dengan auditor halalnya yang profesional. Sementara fiqih, berkaitan dengan penentuan fatwa halal produk yang dilaksanakan MUI. “Dan sebagai administrator dan fasilitator, BPJPH melanjutkan rule yang telah lama diterapkan ini," ujar Matsuki.

Konsep halal yang holistik ini diterapkan dengan menjangkau semua potensi titik kritis kehalalan. Mulai dari bahan baku, penggunaan bahan tambahan, proses penyembelihan, proses produksi yang berpotensi terjadi kontaminasi, proses logistik seperti packaging, transportasi hingga penyajiannya, dan lain-lain.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement