Bank Syariah Mampu Bertahan Hadapi Dinamika Pandemi

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 April 2021, 20:30
PERESMIAN BANK SYARIAH INDONESIA
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/wsj.

Pandemi Covid - 19 berdampak kepada berbagai sektor di Indonesia, tak terkecuali perbankan. Rata-rata industri mengalami penurunan akibat pandemi. Namun, tidak demikian bagi perbankan syariah.

Sektor keuangan berbasis syariah justru mengalami peningkatan dana. Faktor apa saja yang memengaruhi geliat kinerja perbankan syariah?

Fauziah Rizki Yuniarti selaku Peneliti ekonomi Islam dari INDEF menjelaskan, sejak adanya pandemi Covid-19, kehidupan masyarakat diliputi uncertainty (ketidakpastian), terutama tentang masa depan. Meski sudah ada vaksin untuk mengatasi pandemi virus corona tetapi efektifitasnya belum diketahui pasti. Dan kapan berakhirnya vaksinasi di Tanah Air juga belum diketahui secara pasti.

Kondisi semacam itu berimbas kepada ketidakpastian ekonomi. Alhasil, masyarakat lebih banyak berhati-hati dalam menggunakan uang mereka. Kehati-hatian ini membuat masyarakat lebih banyak menyimpan dana di bank, termasuk bank syariah.

Sikap masyarakat tersebut menyebabkan peningkatan dana di bank syariah. Meskipun hal itu bagus untuk pertumbuhan bank syariah, tetapi dalam situasi pandemi ini, orang-orang yang mempunyai anggaran lebih diharapkan agar lebih banyak membelanjakan uangnya sehingga perekonomian dapat berputar lebih baik.

Fauziah menjelaskan pula, walaupun pertumbuhan bank syariah lebih baik daripada bank konvensional pada era pandemi ini, tetapi secara keseluruhan masih belum bisa menyaingi bank konvensional. Dia mengimbuhkan bahwa hal semacam ini wajar. Pasalnya, awal geliat bank syariah terpaut sekitar 40 tahun dari bank konvensional.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...