Batal Mudik Lebaran Lagi, Silaturahmi Online Saja

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
19 April 2021, 23:30
PEMERINTAH LARANG MUDIK LEBARAN 2021
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.

Salah satu tradisi menjelang Lebaran di Indonesia adalah mudik, yakni aktivitas pulang ke kampung halaman. Setelah sekain lama merantau, mudik menjadi kegiatan yang dinanti-nanti. Tapi untuk Ramadan 2021, rencana mudik mesti diurungkan kembali.

Pasalnya, pemerintah melarang mudik seperti tercantum dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021. Surat ini meniadakan mudik Idul Fitri 1442 Hijriah, atau tepatnya untuk periode 6 - 17 Mei 2021. Alasan pemerintah tak lain demi mencegah penularan Covid-19 secara masif akibat mobilitas tinggi masyarakat tatkala mudik.

Advertisement

Larangan mudik lebaran 2021 ditujukan bagi semua moda transportasi, baik darat, laut serta udara. Pemerintah juga mengeluarkan larangan tentang pengoperasian semua moda transportasi darat, laut, udara dan kereta api, mulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021.

Setiap moda transportasi, baik darat, laut dan udara mempunyai jenis kendaraan yang dilarang dan dikecualikan untuk tetap melintas. Selain kendaraan yang dikecualikan untuk boleh bepergian, ada juga orang-orang dengan kepentingan khusus yang dikecualikan dan boleh melakukan mobilitas.

 Mudik Online

Adapun, dalam situasi seperti sekarang, agaknya kita perlu berterima kasih kepada teknologi yang membuat interaksi manusia menjadi lebih mudah meskipun terpisah jarak yang jauh. Jika biasanya berjabat tangan dan bermaafan dilakukan langsung di hadapan keluarga di kampung halaman, tahun ini sungkemnya via aplikasi dulu saja.

Sebut saja “mudik online”. Kegiatan ini sebetulnya merujuk kepada aktivitas konferensi telepon atau video bersama keluarga untuk saling melepas rindu. Ada beberapa pilihan aplikasi video conference yang dapat diakses menggunakan gawai. Cukup unduh, bikin akun, dan pakai.

Merangkum dari sejumlah sumber, di bawah ini setidaknya ada lima aplikasi yang bisa dicoba untuk konferensi telepon dan video saat hari raya.

1. Skype

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement