Jalin Interaksi Melalui Silaturahmi Virtual Saat Idul Fitri

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
28 April 2022, 16:25
Silaturahmi virtual dinilai jadi solusi menjaga hubungan jarak jauh, sembari tetap mengedepankan keamanan digital.
ANTARA FOTO/Andika Wahyu Widyantoro/hp.

Usai dua tahun terakhir diberlakukan pembatasan kegiatan mudik akibat pandemi Covid-19, tahun ini pemerintah melonggarkan kebijakannya dan mengizinkan kembali masyarakat untuk pulang ke kampung halaman. 

Pelonggaran peraturan ini bukan tanpa resiko. Data Kementerian Perhubungan menyebutkan bahwa akan ada 85 juta pemudik yang akan memadati jalanan pada lebaran tahun ini. Banyaknya pemudik dikhawatirkan meningkatkan kembali penularan Covid-19.

Merujuk kepada risiko yang ada, silaturahmi virtual dapat menjadi solusi untuk berinteraksi dengan keluarga di kampung halaman sebagai langkah untuk menjaga keamanan. Silaturahmi dapat dilakukan dengan cara berkirim pesan teks atau suara, melakukan panggilan baik suara maupun video, hingga menggunakan aplikasi konferensi yang tersedia seperti Zoom, Google Meet, atau Skype.

Kemudahan silaturahmi virtual tersebut sejalan dengan semakin tingginya penetrasi internet melalui telepon genggam. 

Meskipun secara virtual, keseruan silaturahmi tetap dapat terjaga apabila cermat menyiasatinya. Dirangkum dari laman berbagai sumber, beberapa tips yang dapat dilakukan adalah dengan membuat kartu ucapan digital, menggunakan dresscode yang sama kala melakukan video call, bertukar sticker atau GIF lucu melalui media sosial, bermain games, serta mendokumentasikan momen silaturahmi virtual, misalnya berupa tangkapan layar gawai maupun screen recording.

Silaturahmi virtual sejatinya bukanlah hal baru pada 2022. Hal ini telah dilakukan sejak pandemi melanda sebagai solusi untuk kebijakan physical distancing yang diberlakukan pemerintah. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...