Literasi Digital untuk Pacu Produktivitas Pertanian

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
14 Juni 2022, 17:19
Literasi digital di sektor pertanian diharapkan mampu membuat hasil tani menjadi lebih baik, serta dapat meningkatkan daya saing petani Indonesia
ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/rwa.

Pandemi Covid-19 terbukti mengakselerasi adopsi teknologi pada hampir semua bidang aktivitas manusia.  Namun, kondisi ini kurang tampak di sektor pertanian. 

Mengutip pernyataan peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Azizah Fauzi yang dimuat di AntaraNews (16/3/22), digitalisasi sektor pertanian dapat mempercepat adopsi teknologi digital. Menurut dia, rendahnya produktivitas terus menjadi salah satu masalah yang dihadapi sektor pertanian Indonesia. 

Penggunaan teknologi digital di sektor pertanian diharapkan mampu membuat hasil tani menjadi lebih baik, serta dapat meningkatkan daya saing petani Indonesia terutama di dalam rantai pasok global.

Pasalnya, kehadiran teknologi digital di bidang pertanian tidak sekadar berdampak terhadap hasil panen yang lebih melimpah. Selain itu, produk yang dihasilkan juga dinilai berkualitas lebih baik, pasalnya teknologi yang ada dapat mengurangi penggunaan air, pupuk, bahkan pestisida. 

Azizah mencontohkan adopsi teknologi di hulu pertanian dapat berupa penerapan Internet of Things (IoT). Dengan IoT, petani dapat lebih mudah dalam mendeteksi kondisi tanah, cuaca, pemantauan hama, dan aktivitas pertanian lainnya.

Sementara di hilir pertanian, adopsi teknologi dapat membantu petani dalam memperluas pasar. Kehadiran teknologi dapat menghubungkan petani langsung kepada konsumen dan mengurangi ketergantungan petani terhadap tengkulak. 

Ketergantungan tersebut membuat petani kehilangan daya tawar untuk menentukan harga. Sementara dengan pemanfaatan teknologi, petani mampu memantau harga komoditas secara lebih akurat dan transparan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...