Termasuk Pengguna VPN Terbanyak, Masyarakat Butuh Literasi Digital

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
4 Agustus 2022, 15:31
Penggunaan VPN di Indonesia sangat jamak. Padahal, VPN tidak selalu aman.
Computer.Howstuffworks.com
VPN

Indonesia menempati urutan ketiga terbesar dunia dalam hal penggunaan VPN untuk mengakses internet. Menurut Digital 2022 Global Statshot Report yang dipublikasi Hootsuite dan We Are Social, sebanyak 38,9 persen warga Indonesia dengan rentang usia 16-64 tahun menggunakan VPN untuk kepentingan aktivitas daring (online) mereka. 

Meski berada pada urutan tinggi dalam hal penggunaan VPN, peringkat Indonesia sendiri sebenarnya turun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dalam laporan Hootsuite dan We Are Social tahun 2021, Indonesia menempati urutan kedua dunia, di bawah India. 

Per Januari 2022, pengguna internet di Indonesia mencapai 204,7 juta jiwa, sementara total jumlah penduduk sebanyak 277,7 juta jiwa. Jumlah tersebut setara dengan 73,7 persen dari total populasi. Terkait penggunaan VPN, ada 79,6 juta jiwa pengguna internet di Indonesia yang menggunakannya dalam berselancar di dunia maya.

Namun, sebelum lanjut lebih jauh membahas, sebenarnya apa sebenarnya VPN itu?

Melansir dari Kaspersky.com, VPN atau Virtual Private Network adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan koneksi yang aman atau terproteksi saat menggunakan jaringan publik. VPN berperan mengenkripsi lalu lintas (traffic) internet dan menyamarkan identitas online penggunanya sehingga akan mempersulit pihak ketiga untuk melacak aktivitas dan mencuri data.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...