Playgame Jaring 20 Pengembang Permainan Lokal Tahun Depan

Dini Hariyanti
11 Desember 2018, 21:13
Kolaborasi Playgame dengan Walt Disney
Katadata / DINI HARIYANTI
Playgame berkolaborasi dengan The Walt Disney Company Southeast Asia menghadirkan rangkaian permainan Disney melalui Playgame.com, Jakarta, Selasa (11/12).

Playgame mengaku bakal lebih banyak menjaring pengembang gim lokal. Platform permainan direct-to-play berbasis blockchain ini hendak bekerja sama dengan sedikitnya 20 developer dalam negeri pada awal tahun depan.

CEO Playgame Anton Soeharyo mengaku siap memfasilitasi para pengembang gim lokal terutama pada sisi pemasaran. Marketing diyakini sebagai salah satu kunci kesuksesan produk gim di pasar.

"Marketing di industri gim itu mahal, belum lagi harus berkompetisi dengan perusahaan besar. Pengembang gim lokal sulit tembus itu," ucapnya menjawab Katadata.co.id, di Jakarta, Selasa (11/12).

(Baca juga: Pengembang Gim Jangan Tunda Proteksi Kekayaan Intelektual

Anton menyatakan, sejauh ini pihaknya tak menetapkan kriteria baku bagi pengembang gim lokal yang bakal diajak bekerja sama. Yang pasti, kesepakatan untuk bermitra diputuskan melalui proses pitching terlebih dulu.

Secara umum, Playgame fokus memasarkan produk gim kasual yang berbasis HTML 5. Dengan kata lain, gim yang disajikan relatif sederhana alias tidak kompleks dan cara memainkannya mudah dipahami.

"Gim kasual yang kami sajikan selain tidak kompleks juga bisa dimainkan secara kolaborasi. Bisa berkompetisi dengan orang lain supaya lebih seru. Keunikan permainan di Playgame juga itu tidak perlu diunduh," ujar Anton.

(Baca juga: Gandeng Global Online Credit, OVO Sasar Gamers)

Sepanjang tahun ini, Playgame menargetkan terdapat seratus permainan yang dapat diakses melalui platform www.PlayGame.com. Sejak rilis pada Agustus 2018 sampai dengan bulan ini tercatat sekitar 50.000 pengguna terdaftar.

Per Juni 2019, platform direct-to-play tersebut menargetkan terdapat 1 juta registered users dengan rerata jumlah pemain 100.000 - 500.000 per bulan. Retensi pengguna merupakan aspek penting bagi Playgame untuk memperhitungkan potensi bisnis sebuah gim.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...