Kapan Kita Harus Ganti Gadget?

Sejumlah indikasi kalau gadget kamu mulai kewalahan dan perlu diganti.
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
24 Mei 2022, 11:01

Evolusi perangkat digital, terutama telepon genggam (handphone / HP) yang semakin cepat dalam beberapa tahun terakhir, menggoda kita untuk rutin ganti gadget baru. Namun, terus mengganti gawai seiring perkembangan teknologi bisa jadi bukan sikap yang bijaksana pula.

Telepon genggam dengan teknologi teranyar sekarang hadir dalam rentang 8 - 12 bulan sekali. Jika kita terus membeli gadget baru dalam rentang tersebut, bukan hanya boros tetapi juga belum tentu bisa mendapatkan manfaat maksimal perangkat komunikasi tersebut.

Pada umumnya, perubahan teknologi yang benar-benar signifikan biasanya punya siklus cukup panjang. “Perubahan yang berarti dalam teknologi gadget cenderung terjadi setiap 3 hingga 4 tahun sekali,” kata Michael Gartenberg, seorang analis perusahaan riset teknologi, Gartner, dikutip dari The New York Times.

Selain terkait perkembangan teknologi, sebaiknya juga kebutuhan akan gadget disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.