Kalau Mau Ganti Nomor Ponsel, Pahami Ini Dulu

Entah apa alasannyya, ada saja momen seseorang perlu mengganti nomor ponsel atau HP. Sebaiknya perhatikan beberapa hal ini sebelum kamu melakukannya.
Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
27 Juni 2022, 21:31

Mengganti nomor ponsel kadang menjadi hal yang tak bisa dihindari bagi sebagian orang, tentu dengan alasan yang berbeda-beda. Jika Anda hendak melakukan penggantian nomor, sebaiknya coba perhatikan beberapa hal berikut.

Beberapa hal yang perlu dicek sebelum mengganti nomor ponsel, pertama, pastikan nomor tersebut tidak lagi digunakan untuk verifikasi kode OTP. Nomor bersangkutan juga sebaiknya tak terhubung dengan akun di aplikasi manapun, serta tidak terkoneksi dengan layanan bank dan fintech.

Jika sudah siap untuk membeli nomor baru, pastikan Anda membelinya di tempat yang terpercaya, seperti gerai resmi. Selanjutnya, hindari memberikan nomor Anda yang baru ke sembarang pihak.

Mengganti nomor terlalu sering juga bukan tanpa risiko. Pasalnya, alamat email dan akun media sosial jadi rentan diretas, begitu pula dengan akun layanan finansial Anda.

Oleh karena itu, literasi digital menjadi penting untuk kita pahami selaku pengguna aktif internet dan ponsel khususnya smartphone. Keterampilan cakap digital, budaya digital, keamanan digital, dan etika digital dapat membantu masing-masing individu untuk menggunakan gawai secara lebih bijaksana.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.