Takut Anak Ketagihan Internet? Begini Menyiasatinya

Anda adalah orang tua yang punya anak kecil, dan kerap cemas terkait digital safety saat ananda berselancar di dunia maya? Coba simak cara mendampingi anak bermain internet berikut ini ya.
Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
28 Juni 2022, 15:28

Internet ibarat kebutuhan pokok bagi sebagian orang tua maupun anak. Jika Anda adalah orang tua yang anaknya senang berselancar di dunia maya, sebaiknya membekali diri dengan beberapa hal.

Yang utama, terkait cara mendampingi anak saat bermain internet. Pertama, upayakan menjadi orang yang pertama kali mengenalkan internet kepada anak.

Kemudian, buka ruang obrolan untuk mendiskusikan risiko dari interaksi daring. Tak lupa, bekali anak tentang pemahaman soal informasi pribadi seperti apa yang boleh dan tidak boleh dibagikan di internet.

Selain itu, ajarkan anak berpikir kritis dari informasi yang diperoleh. Hal lain, cobalah sepakati pedoman penggunaan internet di rumah bersama-sama.

Beberapa hal yang sebaiknya diatur dalam aktivitas pemakaian internet di rumah, misalnya membatasi penggunaan perangkat digital di kamar tidur. Namun jangan lupa, orang tua juga perlu mentaati aturan yang ditetapkan bersama anak.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.