Waspadai Spoofing di Internet, Kenali Cirinya Yuk!

Terdapat enam jenis spoofing di internet yang perlu dipahami agar terhindar dari penipuan.
Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
26 Juli 2022, 18:25

Semakin banyak pengguna internet berimbas semakin marak pula aktivitas penipuan siber. Salah satunya adalah spoofing, berupa penipuan dengan aktivitas penyamaran sebagai pihak tertentu dengan menjadi individu atau organisasi yang sudah dikenal target. Melihat fenomena ini, masyarakat perlu waspada dan mengenali jenis-jenisnya.

Terdapat enam jenis spoofing di internet. Pertama, Email Spoofing. Cirinya, yaitu mengirim pesan ke target mengatasnamakan suatu lembaga tertentu, namun memakai alamat email umum atau dari provider gratis. Biasanya, penipu meminta data sensitif, memberikan pesan yang memicu panik, dan menyisipkan attachment dengan format asing.

Kedua, Website Spoofing berupa laman palsu yang meniru tampilan laman resmi. Biasanya, link laman tersebut dikirim melalui Email Spoofing. Ketiga, Caller ID Spoofing. Cirinya adalah melakukan penipuan melalui telepon dengan nomor dengan digit tidak umum. Biasanya, melakukan penyamaran mengatasnamakan lembaga resmi.

Keempat, SMS Spoofing. Cirinya mirip dengan Caller ID Spoofing, namun melalui pesan singkat. Kelima, Man-in-the-Middle (MitM) Spoofing yaitu aktivitas evil twin dengan memalsukan Wi-Fi asli. Terakhir, IP Spoofing, dengan mengubah sumber IP, sehingga menjadi tidak bisa dilacak.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.