Image title
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
19 Agustus 2020, 14:05

Menjawab Tantangan UMKM Saat Pandemi dengan Solusi Kreatif

Protokol kesehatan membuat kebutuhan APD meningkat. Masker kain jadi salah satu produk yang paling dicari. Kini, produsen fesyen turut menjual masker demi mempertahankan operasioanl bisnis. Kreativitas pelaku usaha disertai dukungan platform belanja daring akhirnya menjadi senjata bagi UMKM untuk bertahan di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi kali ini mengingatkan semua pihak bahwa transformasi digital perlu terus dijalankan. Hal ini bukan sebatas memperkenalkan UMKM kepada ruang digital, tetapi juga membekali agar mereka bisa mengembangkan bisnis secara daring dan berkelanjutan.

Transformasi digital UMKM merupakan agenda penting. Pasalnya, UMKM adalah sektor penggerak perekonomian terbesar. UMKM mampu menopang lebih dari 90% lapangan pekerjaan. Kontribusinya terhadap produk domestik bruto (PDB) di Indonesia sekitar 60%.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.