Denny Indrayana Soal Pemilu 2024 Tertutup, Ini Respons Berbagai Tokoh

Image title
28 Mei 2023, 22:30
Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana mengungkap adanya informasi perihal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pemilu 2024 dengan sistem proporsional tertutup.
Arief Kamaludin | Katadata
Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham) Denny Indrayana mengungkap adanya informasi perihal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pemilu 2024 dengan sistem proporsional tertutup.

Mantan Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Denny Indrayana membocorkan putusan Mahkamah Konstitusi ihwal sistem pemilu 2024. "MK akan memutuskan pemilu legislatif kembali ke proporsional tertutup, kembali memilih tanda gambar partai saja," cuit dia, Minggu (28/5).

Ia melanjutkan info tersebut menyatakan komposisi putusan 6 berbanding 3 dissenting. "Siapa sumbernya? Orang yang sangat saya percaya kredibilitasnya, yang pasti bukan hakim konstitusi."

Menurut Denny, sistem itu akan membuat Indonesia kembali ke sistem pemilu model orde baru yang ia nilai otoritarian dan koruptif. "KPK dikuasai, pimpinan cenderung bermasalah yang dihadiahi gratifikasi perpanjangan jabatan 1 tahun."

Kemudian, ia juga menyinggung ihwal peninjauan kembali yang diajukan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. "Masihkah ada harapan? Yang pasti terus ikhtiar berjuang, sambil menanti kemukjizatan."


Respons SBY, Mahfud MD, hingga Gatot Nurmantyo

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) merespons isu tersebut melalui cuitan di twitter. Ia mengatakan pergantian sistem pemilu di tengah jalan dapat menyebabkan chaos dan masyarakat akan sulit menerima pergantian sistem tersebut.

SBY berpendapat pemilu 2024 sebaiknya tetap menggunakan sistem proporsional terbuka. Setelah pemilu 2024, barulah presiden dan DPR kembali duduk bersama untuk menelaah sistem pemilu yang berlaku dan menyempurnakan sistem itu menjadi lebih baik. "Dengarkan pula suara rakyat."

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...