Tiga Wasit Paling Ditakuti di Liga 1 2019

Image title
Oleh Ridi F Khan
28 Februari 2020, 11:30
Pesepak bola Borneo FC Abrizal Umanailo (kanan) mendapat kartu kuning dari wasit Fariq Hitaba (tengah)saat pertandingan Liga 1 2019 melawan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/10/2019). Persebaya bermain imbang dengan Bo
ANTARA FOTO/Moch Asim
Pesepak bola Borneo FC Abrizal Umanailo (kanan) mendapat kartu kuning dari wasit Fariq Hitaba (tengah)saat pertandingan Liga 1 2019 melawan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/10/2019). Persebaya bermain imbang dengan Borneo FC dengan skor akhir 0-0.

Wasit merupakan sosok yang paling disegani dalam sebuah pertandingan sepak bola. Kehadiran dan keputusannya kerap kali menjadi momok yang menakutkan. Bisa dibilang sosok pengandil adalah sosok kunci bagi setiap klub.

Selain penalti, keputusan wasit dalam memberikan kartu kuning atau merah dalam sebuah pertandingan juga bisa menjadi hal yang menakutkan. Terhitung musim lalu saja ada 1.317 kartu yang telah dikeluarkan oleh para wasit di Indonesia.

Kartu kuning menempati peringkat pertama dengan total 1.258 kali dikeluarkan dari kantong sang juru pengadil. Sedangkan kartu merah langsung sebanyak 25 kali dan kartu merah tidak langsung—dua kali kartu kuning—34 kali.

Dengan catatan sebanyak itu, sebuah pertanyaan pun muncul, siapa wasit terkejam—paling sering mengeluarkan kartu—sepanjang musim 2019 berlangsung?

(Baca: Tiga Penyerang Lokal yang Diprediksi Bersinar di 2020)

Bandung Yudi Nurcahya

Sepanjang gelaran Liga 1 2019 berlangsung, Bandung Yudi Nurcahya diketahui hanya memimpin 17 laga sebagai wasit utama. Walau begitu, dirinya sukses menempati peringkat ketiga sebagai wasit yang paling ditakuti.

Tercatat, sang wasit telah memberikan 64 kartu kuning dan tiga kartu merah tidak langsung. Terbanyak, ia mengeluarkan kartu pada pertandingan Bali United kontra Kalteng Putra.

Enam kartu dikeluarkan oleh wasit Yudi di laga tersebut. Bali United mendapatkan empat kartu kuning, sedangkan Kalteng mendapatkan empat kartu kuning dan satu kartu merah melalui merah tidak langsung.

Bukan hanya itu saja, wasit Yudi juga memberikan satu hadiah penalti kepada Bali United di menit ke-36. Penalti ini membuat klub asal Bali tersebut keluar sebagai pemenang di laga tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...