Tiga Penyerang Lokal yang Diprediksi Bersinar di 2020

Image title
Oleh Ridi F Khan
28 Februari 2020, 11:30
Logo Shopee Liga 1 2020
Liga 1

Sejak Liga 1 bergulir, penyerang berkebangsaan Indonesia secara perlahan-lahan mulai kehilangan tempat di klub Tanah Air. Mereka gagal bersaing dengan penyerang asing yang didatangkan dari penjuru dunia.

Bahkan, penyerang asing yang sudah dinaturalisasi, semisal Beto Goncalves, Ilija Spasojevic, Osas Saha hingga Herman Dzumafo juga tak mampu mengalahkan dominasi penyerang asing di kasta tertinggi sepak bola Indonesia ini.

Fenomena ini sudah dimulai sejak era Liga 1 diluncurkan pada musim 2017. Kala itu, penyerang asal Belanda, Sylvano Comvalius berhasil mencetak rekor dengan torehan 37 golnya dalam satu musim. Unggul jauh dari pesaing terdekatnya, Marclei yang membela Mitra Kukar dengan raihan 24 gol.

Sedangkan untuk penyerang lokal, Samsul Arif dan Lerby Eliandry berhasil masuk 10 besar pencetak gol terbanyak pada musim tersebut. Keduanya sama-sama mencetak 16 gol.

Jumlah torehan Samsul Arif dan Lerby bila digabungkan masih kalah dengan torehan Sylvano yang merajai puncak pencetak gol terbanyak. Sebenarnya, terdapat nama Beto di tempat ketiga dengan raihan 22 gol. Tapi, pada musim 2017 silam dirinya belum berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Musim selanjutnya, Liga 1 2018, giliran penyerang Serbia, Aleksandar Rakic yang keluar sebagai pencetak gol terbanyak dengan raihan 21 gol. Ia unggul tipis dari David da Silva yang berada di tempat kedua dengan 20 gol.

Bagaimana dengan penyerang lokal? Tercatat hanya Samsul Arif yang masih berada di 10 besar. Itupun perolehan golnya menurun menjadi 14 gol saja.

(Baca: Persib Bandung Pasang Target Juara)

Praktis hanya Samsul Arif saja yang eksis selama musim 2018 berlangsung. Tidak ada penyerang lokal lainnya ataupun penyerang naturalisasi yang berada 10 besar.

Beralih ke musim 2019, lagi-lagi, penyerang asing lainnya yang berhasil memuncaki daftar pencetak gol terbanyak Liga 1. Penyerang Persija Jakarta Marko Simic dengan perolehan 28 gol selisih 10 gol dari penyerang naturalisasi Indonesia, Beto Goncalves.

Di musim tersebut, memang ada dua penyerang naturalisasi yang berada di 10 besar, Beto dan Ilija Spasojevic. Namun, tidak ada penyerang lokal non-naturalisasi. Hanya Titus Bonai saja yang mendekati di peringkat ke-11 dengan raihan 13 gol.

Dengan adanya fenomena tersebut, lantas bagaimana nasib para penyerang lokal di Liga 1 2020 nanti? Apakah bisa mematahkan dominasi para penyerang asing?

Berikut tiga penyerang lokal Indonesia yang diprediksi akan bersinar sepanjang Liga 1 musim 2020 nanti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...