SDM di Perusahaan Harus Berinovasi untuk Keberlangsungan Bisnis

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
31 Agustus 2020, 14:15
UGM
Katadata

Disrupsi teknologi dan pandemi Covid-19 memaksa perilaku bisnis untuk berubah. Inovasi pun menjadi sebuah keniscayaan untuk keberlangsungan sebuah usaha. Sayangnya, tidak semua perusahaan memahami kunci dari inovasi adalah sumber daya manusia (SDM).

"Inovasi penting untuk bertahan, sebab lingkungan juga terus berubah," ujar Kiki Sudiana, HRD Telkom University, Sabtu (29/8/2020) dalam  Webinar Business Leadership Series#7 "Future of Human Capital Management" yang digelar atas kerja sama MM FEB UGM, Kafegama MM FEB UGM, serta MMSA UGM ini secara hangat membahas topik SDM.

Advertisement

Acara yang dimoderatori Dosen Institut Bisnis Nusantara dan IBM Asmi, Sundari Soekotjo ini memperbincangkan strategi dan cara mengoptimalkan SDM berinovasi dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Kiki mengungkapkan bahwa inovasi berbeda dengan penemuan dan kreativitas. Inovasi harus memiliki unsur kebaruan, manfaat, dan diterapkan.

Menurut Kiki, perusahaan yang tidak berinovasi akan ketinggalan. SDM dalam sebuah perusahaan atau organisasi harus didorong untuk berinovasi dan ini menjadi tugas divisi SDM.

"Divisi SDM dalam sebuah organisasi adalah menyiapkan SDM, menyiapkan iklim, dan pembuatan kebijakan di internal perusahaan," ucapnya.

Chief Human Capital Officer PT. Kimia Farma, Tbk, Dharma Syahputra, menuturkan respons terbaik menghadapi disrupsi adalah dengan kelincahan. Perusahaan harus melakukan transformasi dalam bekerja, memakai cara dan pendekatan baru, serta rasionalisasi perusahaan dengan reskill tenaga kerja.

"Perusahaan harus menjalani adaptasi kebiasaan baru sebelum maupun sesudah vaksin ditemukan," ujarnya.

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement