Gerakan 1.000 Startup Digital, Roda Penggerak Ekosistem Digital

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
17 September 2020, 11:14
Startup
Katadata

Momen ini pula yang menjadi landasan Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia menghadirkan program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sebagai jawaban akan kebutuhan pendampingan dan pemberdayaan untuk menjawab tantangan di dunia digital kedepannya.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, yang dibentuk sejak 2016, sudah melahirkan kurang lebih 1.040 startup dari 10 kota dengan total peserta sebanyak 78.853 orang. Antusiasme dan keberhasilan program ini memberikan dampak yang sangat signifikan bagi ekosistem digital di Indonesia.

Advertisement

Program ini diharapkan dapat terus bisa menjadi roda penggerak ekosistem digital Indonesia dan mendukung startup-startup baru serta para calon founder agar bisa mendapatkan pembelajaran mendalam tentang cara membangun tim dan produk yang tepat berdasarkan masalah yang ada di Indonesia melalui berbagai tahapan dan mentoring secara langsung.

“Membangun ekosistem digital merupakan investasi jangka panjang. Di tahun-tahun awal, Gerakan 1000 Startup Digital mempunyai peran untuk meningkatkan pengetahuan dasar dan kesadaran masyarakat dengan berfokus pada peningkatan keahlian talenta startup digital. Setelah berjalan selama 3 tahun, sudah mulai terlihat alumni-alumni startup yang berdampak seperti Botika, Bizhare, dan BantuTernak. Beberapa bahkan sudah berhasil menggalang pendanaan mulai dari seed funding hingga series A,” kata Faye Wongsodiredjo, Founder dan CEO dari Kumpul yang merupakan strategic partner Kominfo untuk Gerakan nasional 1000 Startup Digital.

Untuk mendukung protokol kesehatan selama pandemi, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital pada tahun 2020 diadakan secara online, dan bisa diakses oleh siapapun dan dimanapun di seluruh Indonesia tanpa terkecuali. Tahapan program ini nantinya dibagi ke dalam 5 tahapan, yaitu Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan terakhir adalah Incubation.

Selama kegiatan Ignition berlangsung, peserta mengikuti kelas yang membahas enam sektor penting di Indonesia yang dibawakan langsung oleh pembicara dari berbagai bidang dan keahlian di ekosistem startup Indonesia yaitu sektor logistik, kesehatan, kelautan, pendidikan, agrikultur, dan pariwisata.

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement