11 Tahun Tokopedia : Teknologi Bisa Dijadikan “Revenue Generator”

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
8 Oktober 2020, 12:50
11 Tahun Tokopedia mengadakan START SUMMIT
Katadata

Perkembangan teknologi menjadi salah satu prioritas Tokopedia dalam 11 tahun terakhir. Sebagai sebuah perusahaan teknologi, Tokopedia sangat menyadari bahwa teknologi dapat menjadi katalis yang membantu untuk mencapai misi dalam mewujudkan pemerataan ekonomi secara digital di seluruh Indonesia.

Pada perayaan ulang tahun ke-11, 17 Agustus 2020 lalu, Tokopedia mengadakan acara START Summit Extension (SSE) dengan tema Shift in Indonesia’s Technology Landscape. Acara yang ditonton oleh lebih dari 16.000 pegiat teknologi ini mengundang tiga orang pembicara spesial, yakni Leontinus Alpha Edison (Vice Chairman dan Co-Founder Tokopedia), Erika Hutapea (Data Analyst Lead for TopAds Tokopedia), Gilang Kusuma Jati (Engineering Manager for Travel and Entertainment Tokopedia) dan dipandu oleh Ranty Putri Rudiana (Data Analyst Lead Tokopedia).

Berbeda dengan acara SSE sebelumnya, SSE bulan ini dilakukan bersama dengan rangkaian acara lainnya yang berada di dalam Tokopedia Play Festival, acara perayaan ulang tahun Tokopedia yang disiarkan secara langsung lewat platform Tokopedia Play.

Ketika pertama kali membangun Tokopedia 11 tahun lalu, dua founder Tokopedia yakni Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya didorong oleh kesenjangan akses yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya ingin agar kemudahan akses yang mereka dapatkan di Jakarta ketika merantau juga bisa dirasakan oleh keluarga dan teman-teman mereka di kampung halaman.

Leon menjelaskan bahwa awalnya Tokopedia memiliki satu lini bisnis, yakni Marketplace. Hari ini Tokopedia memiliki empat lini bisnis berbeda yaitu Marketplace dan Pembayaran, Fintech, Logistic and Fulfillment, Mitra Tokopedia, dan masih banyak lini bisnis baru lainnya yang akan datang.

Selama Tokopedia berdiri, semua lini bisnis tersebut juga berupaya untuk dapat mendukung UMKM di Indonesia. Salah satu lini bisnis yakni Mitra Tokopedia misalnya, ditujukan untuk membantu para pemilik warung agar bisa mendapat keuntungan lebih lewat pemanfaatan teknologi.

Tidak hanya mengembangkan aneka lini bisnis, Tokopedia juga terus berusaha memperkuat teknologi di dalamnya, salah satunya adalah dengan mengembangkan big data. Pada era modern seperti saat ini, big data dapat memudahkan kita dalam mengambil keputusan yang tepat.

“Tokopedia tidak hanya mengadopsi cloud tetapi juga multi-cloud. Kita berpegang teguh pada salah satu core value kita untuk terus berkolaborasi sehingga kita bekerjasama dengan berbagai penyedia layanan cloud tingkat dunia,” kata Leon.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...