Digitalisasi UMKM Jadi Kunci Bertahan di Kala Pandemi

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
26 Oktober 2020, 20:53
Katadata Webtainment - Bangga Buatan Indonesia
Katadata

Jakarta - Pelaku Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mesti terus mencari akal agar bisa bertahan di masa pandemi. Termasuk melalui adaptasi dengan dunia digital.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Teten Masduki mengatakan upaya mendorong UMKM dengan produk lokal masuk ekosistem digital tersebut berguna untuk memperluas jangkauan pasar. Terlebih, masa pandemi yang menjadikan kebiasaan perilaku masyarakat relatif serba digital.

Advertisement

"Ini sangat penting, menggerakkan konsumen Indonesia untuk membeli produk Indonesia. Ekonomi domestik ini digerakkan oleh belanja pemerintah dan konsumsi masyarakat dalam negeri," ujar Teten dalam webinar '1001 Cara UMKM Menjadi Juara', Senin (26/10).

UMKM memiliki kontribusi sebesar 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Selain itu, UMKM menyerap 97% dari total tenaga kerja dan 99% dari total lapangan kerja. Pada 2018, UMKM tercatat sebanyak 64,2 juta unit. 

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (AKUMINDO), M. Ikhsan Ingratubun mengatakan di saat pandemi ini, UMKM memang perlu untuk melakukan adaptasi. Tak terkecuali dengan inovasi secara konsisten hingga masuk ke lapak jual-beli online.

"UMKM memang lincah, karena UMKM mampu melihat kebutuhan pasar dengan cepat dan mampu mengubah dirinya makin cepat," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement