Praktik Pengembangan Platform Dibahas di START Summit Extension

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
4 November 2020, 16:17
START Summit 2020 - Tokopedia
Katadata

Tokopedia sebagai perusahaan teknologi yang selalu berevolusi untuk dapat terus meningkatkan dan menjawab setiap kebutuhan pengguna harus berkembang tidak hanya dalam bentuk website, namun juga aplikasi mobile baik untuk iOS maupun Android.

Melalui START Summit Extension yang disaksikan oleh lebih dari 12 ribu penonton melalui Tokopedia Play pada 20 Oktober 2020, tim iOS dan Web Platform Tokopedia membawakan presentasi yang dibagi ke dalam dua sesi, yakni iOS UI Development at Scale dan Unlocking New Capabilities for The Web.

Pada awal sesi presentasi START Summit Extension edisi Oktober, terdapat dua Nakama yang merupakan tim iOS Tokopedia. Samuel Edwin sebagai Technical Architect – iOS Tokopedia membagikan praktik dan pengalamannya soal membangun iOS dari sisi UI atau User Interface. Untuk mendevelop UI, Samuel memulainya dengan penjelasan dari sudut pandang teknikal, yaitu penggunaan UIKit dan Auto Layout.

Samuel membagikan pengalaman dalam menggunakan Auto Layout. Dia tidak merekomendasikan untuk menggunakan UIStackView berlebihan pada layout yang sangat kompleks. Hal ini dapat berpengaruh terhadap mobile phone yang memiliki spesifikasi lama. Selanjutnya, masalah lain dari penggunaan Auto Layout adalah perubahan versi OS yang tidak terduga, dimana Auto Layout memiliki perbedaan implementasi  di setiap versi iOS dan penggunaan UICollectionViewCell yang kerap sulit diatur tingginya pada sebuah halaman.

Berdasarkan pengalaman menggunakan Auto Layout, Samuel membagikan solusi yang digunakan oleh tim Tokopedia, yakni dengan mengadopsi Texture. Texture merupakan kerangka yang menggunakan UIKit, namun tidak menggunakan Auto Layout dan developmentnya menggunakan full coding.

Jika sesi pertama membahas seputar sudut pandang dari sisi teknis, maka sesi berikutnya akan dilanjutkan dengan membahas dari sudut pandang manusianya atau tim yang berada dibalik iOS. Tiara Freddy Andika selaku Principal Engineer – iOS menjelaskan bahwa Tokopedia mengadaptasi struktur organisasi tribe, dimana tribe ini terdiri dari lebih dari 20 anggota tim dengan fokus yang berbeda-beda.

Setiap tribe memiliki UI Designer dan Developer masing-masing, sehingga tidak menutup kemungkinan adanya perspektif desain app yang berbeda yang kemudian berpengaruh terhadap alur pengembangan suatu fitur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...