Upaya Kotawaringin Barat Memajukan Pekebunan lewat Sertifikasi

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
4 November 2020, 16:40
Regional Summit 2020 - Membangun Daya Saing Daerah Berkelanjutan
Katadata

Pendekatan sertifikasi berbasis kabupaten menjadi strategi yang dipilih Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah untuk memajukan sektor perkebunannya. Hal ini ditempuh agar produk perkebunan di Kobar semakin berdaya saing, khususnya di pasar internasional.

Bupati Kotawaringin Barat Nurhidayah menuturkan, perkebunan adalah sektor usaha yang menjadi andalan di wilayahnya. Produksi komoditas pertanian dan turunannya menyumbang sekitar 23,90 persen dari total PDRB.

“Dan kontribusi khusus sektor perkebunan porsinya 19,07 persen dari total PDRB tersebut. Inilah yang menghidupi sekitar 14.225 rumah tangga petani,” ucapnya dalam diskusi virtual Regional Summit 2020 oleh Katadata, Rabu (4/11/2020).

Kini, pendekatan sertifikasi berbasis kabupaten sedang diuji coba oleh Rountable on Sustainable Palm Oil (RSPO). Mengingat ini adalah pendekatan yurisdiksi maka ini tidak diberikan pada level kebun melainkan di level kabupaten.

Pendekatan yurisdiksi merupakan wilayah adiministrasi yang dipimpin otoritas yang juga bertindak sebagai regulator atau pembuat peraturan secara mengikat. Dengan kata lain, yurisdiksi ini bisa disebut juga wilayah administrasi pemerintah, contohnya tataran kabupaten atau provinsi.

Salah satu keterlibatan Kabupaten Kotawaringin Barat dalam sertifikasi yurisdiksi adalah penandatanganan surat keputusan pembentukan kelompok kerja sertifikasi yurisdiksi. Hal ini dilakukan pada Agustus 2020. Tugas pokja ini menentukan target-target keberlanjutan yang selanjutnya harus dipatuhi semua produsen kelapa sawit.

“Kami terus berupaya meningkatkan daya saing sektor perkebunan Kobar. Penerapan praktik perkebunan secara berkelanjutan bukan hanya tanggung jawab produsen komoditas, melainkan ada pula tanggung jawab pemerintah daerah. Dan inilah upaya kami,” ucap Nurhidayah.

Inisiatif Terpercaya

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Video Pilihan
Loading...

Artikel Terkait