Strategi Wedding Organizer Bertahan di Masa Pandemi

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
29 November 2020, 11:53
PAMERAN PERLENGKAPAN PERNIKAHAN
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/aww.

Jakarta, 27 November 2020 - Berbagai pembatasan akibat pandemi menjadikan, WO mengalami pengurangan hingga pembatalan pesta pernikahan.

CEO & Founder Event and Wedding Organizer, Ethel Riadi mengatakan kondisi tersulit itu terjadi ketika masa-masa awal pandemi. Penurunannya pun, dikatakan cukup drastis hingga menggeliat kembali ketika pembatasan dilonggarkan.

"Dari Maret sampai PSBB transisi bulan Juli Agustus itu, pengantin baru bisa mengeluarkan tanggal lagi," ujar Ethel dalam live IG Katadata bertema Pesta Pernikahan di Masa Pandemi, Jumat (27/11).

Selama masa ini, Ethel mengatakan, pesta pernikahan kemudian mengadaptasikan dengan protokol penanganan Covid-19. Seperti, memakai masker, menjaga jarak, mengecek suhu tubuh, mencuci tangan hingga pembatasan jumlah tamu.

"Kalau pernikahan di dalam gedung itu 25%. Nah, kita pun tidak berani terlalu banyak, maksimal 100 tamu keluarga. Paling yang lainnya live streaming," imbuh dia.

Ethel pun menambahkan, timnya juga mesti berjibaku untuk menyiapkan konsep dan strategi agar bisnisnya tetap bisa bertahan di masa pandemi. Selain terus berupaya melayani sepenuh hati, dia pun mengakomodir konsep pernikahan yang banyak diminati seperti konsep intim (intimate) bersama keluarga inti.

Ia mencontohkan, pengaturan pesta pernikahan di garden yang hanya dihadiri oleh keluarga inti. Sementara tamu umum, akan disediakan live streaming lewat aplikasi online mulai dari zoom ataupun live IG. Pembayaran secara digital seperti menggunakan OVO atau QR Code pun disediakan.

"Kita berlomba-lomba memberikan pelayanan dan harga terbaik. Bekerja dengan hati dan kita berusaha dengan biaya seminimal mungkin. Range harganya, kalau normal kita sekitar Rp 12,5 juta sih," pungkasnya.

Editor: Doddy Rosadi

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...