Pemerintah Harus Realistis dalam Menjalankan Transisi Energi

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
9 Maret 2021, 10:49
Berita_Transisi Energi
Katadata

Pendiri Medco Group Arifin Panigoro mengatakan, pemerintah harus realistis dalam menjalankan transisi energi di Indonesia.

“Saat ini kita tahapnya (transisi energi-red) masih mimpi. Karena negara lain sudah melakukannya sejak lama. Tapi kita tidak boleh terus bermimpi, karena target yang sudah ditetapkan itu harus bisa dicapai. Proses transisi energi ini tidak bisa dilakukan sendiri tapi harus bekerja sama dengan banyak pihak,” kata Arifin dalam webinar Future Energy Tech Innovation and Forum yang digelar Katadata, Selasa (9/3) pada sesi Imagining Indonesia’s Energy Future.

Arifin mengatakan, masih banyak yang salah dalam memahami transisi energi. Dia memberi contoh tentang energi matahari. Indonesia sebagai negara tropis diyakini mempunyai sumber yang berlimpah dalam sinar matahari.

Namun, kata Arifin, kualitas sinar matahari yang dimiliki Indonesia sebenarnya masih kalah dibandingkan kualitas sinar matahari yang dimiliki negara-negara yang mempunyai banyak gurun seperti Afrika Utara dan Amerika bagian selatan.

“Kalau kita memasang panel surya di negara-negara Afrika Utara atau Amerika bagian selatan seperti Arizona, itu bisa 2-3 kali lipat lebih kayak listriknya dibandingkan Indonesia. Untuk angin juga sama, kita memang punya daerah dengan angin yang bagus di Sulawesi tapi masalahnya konsums terbesar kan ada di Jawa. Bagaimana caranya agar bisa membangun PLTA di pulau Jawa,” jelas Arifin.

Arifin menilai, Indonesia harus realistis dalam melakukan tahapan transisi energi. Karena, negara lain sudah melakukan 10-15 tahun lebih dulu dari Indonesia. Contohnya perubahan dari batubara ke gas. Satu—satunya negara yang dianggap berhasil melakukan transisi itu adalah Afrika Selatan.

Karena, kata Arifin, Afrika Selatan tidak punya pilihan lagi akibat embargo sehingga harus beralih ke gas. Proses tersebut sudah dilakukan sejak lama sementara Indonesia baru akan memulai tahapan tersebut.

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...