Grab Business Forum 2021, Ruang Diskusi tentang Ekonomi Indonesia

Grab for Business telah melaksanakan acara tahunannya, yaitu Grab Business Forum 2021.
Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
8 April 2021, 17:18
Grab
Katadata

Dalam memperkuat komitmen Grab for Business untuk melayani perusahaan-perusahaan Indonesia, Grab for Business telah melaksanakan acara tahunannya, yaitu Grab Business Forum 2021.

Dengan menjadikan ‘Driving Digital Transformation and Business Forward’ sebagai topik utama dan menghadirkan berbagai macam materi, Grab Business Forum 2021 menjadi ruang diskusi dan bertukar pikiran mengenai kegiatan bisnis dan ekonomi di Indonesia.

Acara Grab Business Forum 2021 dibagi menjadi beberapa rangkaian sesi. Sesi pertama yaitu executive forum dihadiri oleh Ekonom Senior Indonesia, Chatib Basri, Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Sjahrir, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Country Managing Director Grab Indonesia dan Director of Grab for Business, Grab Indonesia, Roy Nugroho.

Dalam sesi ini, ekonom senior Indonesia, Chatib Basri memaparkan prediksi kondisi ekonomi 2021. Chatib Basri mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia di triwulan pertama 2021 bisa mencapai 0%, atau setidaknya di triwulan kedua 2021 bisa mencapai pertumbuhan positif apabila vaksinasi masif dilakukan.

 

Dalam paparannya mengenai Road to Recovery in 2021, Komisaris Bursa Efek Indonesia (BEI), Pandu Sjahrir memaparkan bahwa pandemi ini telah mengubah pola perilaku masyarakat dan menciptakan irreversible trend, dimana masyarakat menjadi lebih terintegrasi pada layanan online di setiap lini kehidupan.

Pembicara lainnya yaitu Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X menunjukan upaya kolaboratif lewat kerjasama dengan GrabExpress dari Grab for Business untuk mensubsidi UMKM lewat gratis ongkos kirim.

Sesi berikutnya yaitu Business Talks dibagi menjadi beberapa sesi dengan membahas topik yang berbeda.  Pada sesi pertama, Shariah & Sustainability Finance Director, Bank Danamon Indonesia, Herry Hykmanto percaya bahwa bisnis akan bisa terus bermanfaat untuk masyarakat ketika perusahaan memprioritaskan keamanan dan kesehatan para karyawan.

Sementara itu, Direktur Transformasi Bisnis PT Pertamina Bina Medika IHC, Antonius Rainier Haryanto juga menekankan prioritasnya dalam menyediakan layanan kesehatan bagi para pasiennya. PT Pertamina Bina Medika IHC juga menggunakan GrabCar Protect  untuk mengantarkan dan menjemput tenaga-tenaga medis yang ditugaskan untuk memberikan pelayanan home care. Selain itu, GrabExpress juga membantu pengiriman obat bagi para pasien.

Selanjutnya, President Director PT Kalbe Farma, Vidjongtius menyampaikan gagasannya tentang pentingnya beradaptasi dan menjadi agile bagi perusahaan di masa pandemi ini, sembari mengelola sumber daya manusia untuk tetap bisa produktif.

Selanjutnya, Business Talk sesi dua dengan tema Business Optimization: Improve Productivity, Reduce Cost and Meet Service Goals yang dipandu oleh Director of West Indonesia, Grab Indonesia Richard Aditya membahas mengenai bagaimana cara menjaga produktivitas dan efisiensi pekerjaan di tengah pandemi.

Dalam sesi ini, Direktur Layanan dan Jaringan PT BNI (Persero), Ronny Venir menyatakan bahwa perusahaan telah mengedepankan efisiensi sebagai faktor penting dalam operasional bisnis. Mobilitas operasional menjadi perhatian Bank BNI, salah satunya dengan penggunaan Grab for Business sebagai solusi transportasi karyawan yang dapat meningkatkan efisiensi biaya dan waktu.

Direktur Utama Group Retail dan Penerbitan Kompas Gramedia, Priyo Utomo menekankan strategi pertumbuhan Gramedia yang berorientasi pada pelanggan salah satunya adalah Gramedia Offline to Online Retail.

Selain itu, Direktur Finance & Human Capital, PT. Indonesia Comnets Plus, Yuni Suryanto membahas perihal produktivitas karyawan. Country HR Lead, Indonesia & South East Asia New Markets, Microsoft, Deni Syahputra mengemukakan prioritasnya dalam memastikan keamanan karyawan di awal pandemi.

Sebagai sesi terakhir, Director of Jabodetabek Grab Indonesia, Agung Nugroho memandu sesi dengan tema Business Insights: Unlock New Business Value and Opportunity.

Dalam sesi ini, CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin memaparkan tentang pentingnya pengembangan fitur untuk meningkatkan skala UMKM Indonesia dan penyedia layanan logistik menjadi salah satu aspek penting dalam melayani mitra-mitra UMKM.

Direktur Mitigasi Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Emma Rachmawati mengemukakan kontribusi sektor transportasi dalam mitigasi krisis iklim ada di bagian energi efisiensi dan energi baru terbarukan. Terkait kendaraan listrik, Emma menambahkan, potensi penggunaan mobil listrik sebesar 125,000 unit dan motor listrik mencapai 1,3 juta dengan tren yang terus meningkat di 2030.

Setya Budi Arijanta, Sekretaris Utama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), menyampaikan bahwa Pemerintah mendorong penggunaan produk dalam negeri dan menghidupkan bisnis UMKM, salah satunya lewat program Bela Pengadaan yang mana mendukung program UKM Go Digital.

Editor: Doddy Rosadi
Video Pilihan

Artikel Terkait