Hari Bumi 2021: Pentingnya Membangun Pengetahuan Wirausaha Sosial

Image title
Oleh Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
23 April 2021, 14:50
Hari Bumi #11
Katadata

Memperingati Hari Bumi, Katadata melaksanakan rangkaian webinar Katadata Earth Day Forum 2021 dengan tema Gotong Royong Jaga Bumi. Sesi terakhir dari rangkaian webinar yang berlangsung pada Jumat (23/4), mengusung tema “Kisah Milenial Membangun Usaha Sosial”.

Diskusi ini dihadiri oleh Direktur Eksekutif Greeneration Indonesia Mohamad Bijaksana dan Co-Founder HeyStartic Agnes Santoso.

Advertisement

Dalam acara tersebut, Mohamad Bijaksana mengatakan, tantangan terbesar dalam upaya mendorong wirausaha sosial ialah membangun pengetahuan. Hal ini dikarenakan wirusaha sosial belum menjadi kegiatan bisnis arus utama.

“Teman-teman yang bergerak di sosial masih belajar bagaimana mengatasi permasalahan sosial dengan pendekatan entrepreneur. Ini perlu makin banyak sesi diskusi. Jadi tantangan pertama itu knowledge (pengetahuan),” ujarnya.

Selain itu, ia melanjutkan, ekosistem wirausaha sosial perlu diperkuat. Salah satunya melalui penegakkan aturan. Sebagai contoh, ketika masyarakat dilarang membuang atau membakar sampah sembarangan maka jasa-jasa yang berhubungan dengan pengelolaan sampah akan berkembang.

“Terakhir, mekanisme pembiayaan. Lembaga keuangan perlu melihat hal ini untuk mendukung usaha-usaha sosial,” katanya.

Greeneration sendiri memiliki lini usaha yang menawarkan produk dan jasa terkait pengelolaan sampah. Selain itu, ada jasa konsultasi dan solusi penanganan banjir. Seperti produk untuk menampung air hujan dan membantu serapan air untuk masuk ke dalam tanah. Ketertarikan akan jasa dan produk ini terus meningkat.

Halaman:
Editor: Doddy Rosadi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement