APEKSI: Praja Wibawa, Garda Terdepan Menegakkan Protokol Kesehatan

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
6 Agustus 2021, 21:24
Apeksi
Apeksi

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merupakan unit strategis dalam penegakan peraturan daerah, disiplin, ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat. Tugas Satpol PP semakin berat di masa pandemi saat ini. Para pamong Praja Wibawa kini harus pula menegakkan disiplin protokol kesehatan di tengah-tengah keseharian warga dan pelaku usaha yang bertahan hidup.

Interaksi dan komunikasi antarpersonal anggota satuan ini semakin intensif harus dilakukan dengan warga yang sedang tertekan secara ekonomi. Efektivitas komunikasi yang empatik sangat dibutuhkan dalam situasi sulit warga tersebut. Untuk itu Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) memandang penting dilakukan penguatan kapasitas komunikasi empatik.

Pada kesempatan pembukaan, Ketua Dewan Pengurus APEKSI Bima Arya menekankan bahwa “Kepemimpinan itu adalah seni memadukan ketegasan dan kasih sayang. Ketegasan dan kasih sayang sama-sama dibutuhkan dalam krisis dan kesulitan.”

Apeksi
Apeksi (Apeksi)

 

Di depan peserta pelatihan virtual ini Wali Kota Bogor ini menegaskan beberapa prinsip kepemimpinan. Satpol PP sebetulnya dalam level tertentu memiliki kekuasaan di lapangan.

“Ketegasan tanpa kasih sayang adalah kezoliman, namun kasih sayang tanpa ketegasan adalah kelemahan”, ujar Bima yang pada kesempatan tersebut juga menggunakan seragam lengkap para pamong Praja Wibawa. Sangat terlihat keseriusan dan antusias peserta yang ternyata ada juga yang berasal dari luar satuan, bahkan bukan aparatur pemerintah kota.

Materi pelatihan yang berat dapat ditampilkan secara praktis oleh pelatih nasional Risang Rimbatmaja, juga konsultan profesional di berbagai lembaga internasional (seperti UNICEF, John Hopkins University, USAID, dan lain-lain). Berbagai teori dan prinsip komunikasi antar personal ditampilkan dengan contoh kasus dan fakta di lapangan, lalu disajikan dengan sangat menarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...