Pemda Semakin Mudah untuk Mewujudkan “Smart and Sustainable City”

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
25 Agustus 2021, 09:08
Safe Webinar
Katadata

Mengembangkan Smart and Sustainable City saat ini relatif jauh lebih mudah dan lebih murah ketimbang dulu. Hal itu dikemukakan oleh Presiden Direktur Lintasarta Arya Damar dalam webinar Katadata SAFE Forum 2021, Selasa (24/8).

Menurut Arya, saat ini pemerintah dan operator-operator yang ada sudah menyediakan infrastruktur di berbagai pelosok negeri. Dengan tersedianya infrastruktur berbagi pakai, para pemerintah daerah tidak perlu lagi memikirkan masalah infrastruktur telekomunikasi, data center, network, security, sampai cloud. Semua sudah bisa dioutsource ke pihak lain dengan biaya yang jauh lebih murah.

Yang dibutuhkan oleh pemda, kata Arya, adalah aplikasinya. Aplikasi yang cocok dan yang dibutuhkan di sana, tergantung daerahnya. “Dengan hanya berkonsentrasi ke pengembangan aplikasinya, maka bisa jadi lebih mudah dan lebih murah. Jadi dengan infrastruktur berbagi pakai, bisa menjadi lebih murah,” ujar Arya.

Pengembangan Smart and Sustainable City ini pun terbukti memberi manfaat yang besar bagi beberapa daerah. Hal itu diakui oleh pembicara lain dalam webinar ini, yaitu Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Surabaya, Muhammad Fikser. Manfaat ini antara lain terlihat nyata ketika Pemerintah Kota Surabaya memanfaatkan aplikasi Smart City untuk mendorong peningkatan ekonomi Surabaya yang sempat menurun akibat dampak pandemi COVID-19.

Melalui inovasi aplikasi e-commerce lokal yang diberi nama e-Peken (Pemberdayaan dan Ketahanan Ekonomi Nang Suroboyo), Pemkot Surabaya mampu menggerakan kegiatan ekonomi para pelaku UMKM dan pedagang toko kelontong di daerah itu. Caranya cukup unik. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkot Surabaya diwajibkan berbelanja kebutuhan bahan pokoknya di e-Peken. “Kami di Surabaya kurang lebih ada 13 ribu ASN, dan semua ASN ini sekarang wajib belanja lewat e-Peken,” kata Fikser.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...