Cara Komunitas Loro Blonyo Bujuk Warga Gunungkidul untuk Divaksinasi

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
18 September 2021, 14:09
satgas
Katadata

Jakarta - Percepatan vaksinasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk dosis pertama sudah mencapai 70 persen. Komunitas Loro Blonyo menjadi komunitas yang turut berperan penting dalam percepatan capaian vaksinasi tersebut, khususnya di wilayah Gunungkidul.

Inisiator Vaksinasi Gunungkidul dan gerakan Bakti Rakyat Untuk Negeri Christian Prasetya Soebagio mengatakan, melalui gerakan vaksinasi yang dilakukan Komunitas Loro Blonyo dibantu TNI dan Polri, saat ini masyarakat di sekitar pantai selatan Yogyakarta sudah divaksin Covid-19.

"Kami dari pihak swasta, akar rumput yang bergerak untuk membantu pemerintah. Karena awalnya Gunungkidul merupakan salah satu daerah yang terlambat dari sisi persentase di beberapa kabupaten," kata Christian dalam IG Live Katadata, Jumat (17/9).

Menurut Christian, faktor yang memicu terlambatnya persentase vaksinasi Covid-19 di Gunungkidul karena Gunungkidul disamakan dengan kota besar, yaitu pendaftaran vaksinasi melalui website atau link. Sementara karakteristik masyarakat di Gunungkidul masih banyak yang belum bersahabat dengan hal itu.

"Sulit kalau di desa. Ribet. Sementara Pak Presiden Joko Widodo mengatakan mengerahkan semua yang ada untuk memerangi Covid-19. Maka kami pintar-pintar di lapangan melihat situasi dan kondisi," ujarnya.

Selain masalah pendaftaran Covid-19 yang tidak familiar untuk kalangan masyarakat Gunungkidul, faktor penghambat percepatan vaksin di wilayah ini adalah masyarakat takut jika vaksinasi dilakukan di Puskesmas.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...