Kontribusi Perempuan Terlihat Jelas di Sektor UMKM

Lebih dari 53 persen UMKM dimiliki oleh perempuan dan angka itu naik 43 % dibandingkan 2013.
Image title
6 Oktober 2021, 15:41
PEREMPUAN BERWIRAUSAHA
Katadata

Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Francisca Rahardja mengatakan, perempuan memegang peran penting baik di dalam maupun di luar rumah. Menurut dia, perempuan tidak hanya berkontribusi pada keluarga atau komunitas, tapi juga perekonomian nasional.

Ia menuturkan, Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani pernah menuturkan bahwa kontribusi perempuan terlihat jelas di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (UMKM). Lebih dari 53% UMKM dimiliki oleh perempuan dan angka tersebut melonjak dibandingkan pada tahun 2013 yaitu 43%.

"Banyak hal yang telah dilakukan dalam hal pemberdayaan perempuan Indonesia. Tetapi saya percaya masih banyak hal yang bisa dilakukan agar dapat memainkan peranan yang lebih besar jika diberikan kesempatan untuk terus berkembang," kata dia dalam webinar Katadata x Sapa untuk Indonesia bertajuk 'Perempuan Berwirausaha, Perempuan Pahlawan Ekonomi Keluarga', Rabu (6/10).

Oleh karenanya, kata dia, melalui payung program Sampoerna untuk Indonesia, pihaknya senantiasa menjadikan pengembangan UMKM sebagai salah satu isu penting. Hal tersebut tertuang dalam berbagai inisiatif, seperti melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC).

"Sejak tahun 2007 telah melatih dan mendampingi lebih dari 54.500 pelaku UMKM, dimana lebih dari 50% dari mereka adalah perempuan," jelasnya.

VP of Corporate Communication Tokopedia, Nuraini Razak, pada kesempatan tersebut menerangkan bahwa peningkatan penjual di Tokopedia juga naik signifikan sampai saat ini, yakni ada lebih dari 3,8 juta.

Menurut dia, berdasarkan hasil riset LPEM FEB UI 2020 juga mengungkap bahwa selama pandemi Covid-19, jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia hampir 1,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan laki-laki.

Maka dari itu, sesuai tagline Tokopedia yakni "Mulai Aja Dulu", ia mengajak UMKM, khususnya perempuan untuk berani untuk berjualan. "Di Tokopedia yang mau mulai, mulai aja dulu. Sebab, perempuan ternyata lebih banyak jumlahnya yang mau mulai berjualan duluan," kata dia.

Kemudian, Ketua Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengungkap, aspek perizinan berusaha untuk pelaku UMKM masih kerap menjadi kendala di lapangan.

Oleh karenanya, ia menuturkan, pihaknya sejak 2013 telah memperjuangkan hal tersebut. Dengan adanya kemudahan perizinan, UMKM dinilai akan lebih mudah dalam memperoleh fasilitas baik pembiayaan, pelatihan dan pendampingan.

"Sistem Online Single Submission (OSS) sebelumnya diberikan kepada pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, tapi sekarang sudah ditarik oleh pusat melalui BKPM," ujar dia.

Pada kesempatan tersebut hadir Anne Avantie, seorang perancang busana dan pelopor kebaya kontemporer berkebangsaan Indonesia. Anne berpesan kepada para perempuan agar tidak menyerah. Menurut dia, setiap orang harus terus belajar dan percaya bahwa setiap diri memiliki anugrah dan talenta dari Tuhan.

"Sekolah kehidupan itu selalu memberikan kepada saya sebuah bangku yang sewaktu-waktu saya bisa duduk di situ, di manapun berada. Saya pesan bahwa hidup itu adalah anugerah, kalau kita bisa ubah cara sudut pandang berpikir maka kita akan berubah. Tapi kalau tidak ya tidak akan berubah," jelasnya.

Kemudian, hadir Pemilik Super Roti Semarang, Ismiyati. Ia perpesan agar tidak gegabah ketika berencana membangun usaha. Para calon pelaku UMKM perlu meliat celah atau pasar daripada produk yang akan dijual.

"Jadi saya sebelum buka melakukan survei, survei apa kebutuhan konsumen. Perusahaan kecil, enggaj punya uang besar, kita gunakanlah apa yang ada disekitar kita, pakai Google Form. Jadi saya melihat kebutuhan mereka seperti apa," ucap dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait