Membangkitkan Pariwisata Sekotong dengan Festival Air

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
14 November 2021, 22:17
Membangkitkan Pariwisata Sekotong dengan Festival Air – The Southland Dance
Katadata

Pariwisata di Sekotong, Lombok Barat Nusa Tenggara Barat berpeluang bangkit menyusul diresmikannya Sirkuit Mandalika yang akan menjadi venue World Super Bike 2021.

 

Menangkap momen tersebut, Dinas Pariwisata (Dispar) Lombok Barat (Lobar) menggelar sejumlah kegiatan kepariwisataan di kawasan Sekotong yang terbungkus dalam event 'Festival Air - The Southland Dance', Sabtu (13/11/2021).

 

Dimulai dengan clean up bawah laut serta transplantasi karang di laut Gili Layar Sekotong yang langsung dipimpin oleh Dandim 1606/Mataram Kolonel Arm Gunawan, kegiatan hari pertama juga disertai dengan Live Cooking dari ibu-ibu masyarakat Sekotong yang didampingi Indonesian Chef Association (ICA) di Pantai Arjuna Batu Kijuk Sekotong Barat.

 

Bersamaan dengan Live Cooking, ada juga kegiatan Beauty Class yang dimeriahkan sejumlah perias wajah yang ada di kawasan Sekotong, ada juga pameran bonsai dan gelaran tari.

 

Pada malam hari, event dilanjutkan dengan Camping Bareng, Live Music dan Diskusi Seputar Pariwisata di Pantai Elak-Elak yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Dinas Pariwisata Lombok Barat dan YouTube TVRI NTB.

 

Sebagai penutup di hari pertama, Festival Air menyajikan nonton bareng tayangan WSBK di pinggir pantai.

 

"Di tengah hiruk pikuk dengan pemberitaan WSBK dan tahun depannya ada MotoGP, dengan event ini masyarakat juga diharapkan menjadi aware terhadap aspek promosi pada destinasi di tempatnya sendiri," ujar Kepala Dispar Lobar Saepul Akhkam saat pembukaan event.

 

Aspek lain yang ditujukan dari event ini juga disebutkan Akhkam adalah aspek edukasi, menurutnya, aspek inilah yang mendasari adanya kegiatan live cooking yang didampingi oleh ICA, beauty class hingga cleanup bawah laut dan transplantasi.

 

"Ini adalah aspek yang ingin kita capai agar masyarakat kita menyadari bahwa membangun kepariwisataan yang berkelanjutan itu harus berbasis masyarakat," ucapnya.

 

Ia menyebutkan bahwa aspek lain yang ingin dicapai dari event ini adalah pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat.

 

"Aspek pemberdayaannya yaitu di semua rangkaian pada event ini kita lebih banyak menampilkan konten lokal dari para pelaku yang ada di daerah Sekotong," tandas Akhkam.

 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...