Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah di Jabar Bisa Jadi Jawara Digital

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
22 Desember 2021, 08:21
pemprov jabar
Katadata

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinobatkan sebagai Tokoh Jawara Digital oleh Relawan TIK bentukan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Ia dinilai berkontribusi besar dalam literasi digital dan menjadikan Jawa Barat akseleratif dalam kualitas peradaban digital.

Penghargaan tersebut diterima Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- dalam Festival Literasi Digital Jawa Barat 2021 atau Viral 2021 di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Selasa (21/12/2021).

"Saya kerja tidak untuk cari penghargaan. Tapi, kalau ada apresiasi, alhamdulillah. Poinnya, sebagai pengambil keputusan tertinggi, di mana ada kemauan maka terjadi lompatan," kata Kang Emil.

Kang Emil berharap, predikat Jawara Digital menular kepada bupati dan wali kota di Jabar. Menurut dia, jika pemimpin tidak ada kemauan maka tak akan terjadi perubahan. Namun, jika para pemimpin di Jabar kompak, maka Jabar pasti juara.

"Ada pemimpin yang melek digital, ada juga yang kurang minat, dan itu kelihatan pasti akan lambat," ucapnya.

Pemda Provinsi Jabar pun melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Salah satunya, menyiapkan benteng pertahanan terhadap berita bohong atau hoaks dengan membentuk Jabar Saber Hoaks. Jabar menjadi satu-satunya provinsi di Indonesia yang memiliki unit kerja untuk menangkal hoaks.

"Salah satu yang kita banggakan adalah menyiapkan benteng pertahanan terhadap berita bohong," ucap Kang Emil.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...