Kisah Anak Pendiri Astra Bangkit dari Keterpurukan

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
5 April 2022, 18:03
Kisah Anak Pendiri Astra Bangkit dari Keterpurukan
Katadata

Nama Edwin Soeryadjaya mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis. Sang ayah, William Soeryadjaya adalah pemilik Astra dan juga Bank Summa. Kini, Edwin berkibar lewat perusahaan yang didirikannya bersama Sandiaga Uno yaitu PT Saratoga Investama Sedaya.

Edwin pernah mengalami masa-masa sulit ketika sang ayah menjual semua saham di Astra untuk membayar utang Bank Summa yang dilikuidasi. Ketika itu, Edwin sempat kesulitan untuk memberi nafkah keluarganya.

Secara perlahan, Edwin bangkit dari keterpurukan berkat prinsip tabur tuai.

“Anda tahu tabur tuai? Jadi kedua orangtua saya itu pemurah hati, banyak menabur di mana-mana, gereja, masjid dan juga anak yatim piatu. Mereka banyak membantu tanpa imbalan. Mungkin karena itu hasil dari taburan orangtua saya, saya yang menuai,” kata Edwin saat diwawancara Co-Founder dan CEO Katadata Metta Dharmasaputra, dalam rangkaian event IDE Katadata 2022 di sesi Unlocking Opportunities in The New Future, Selasa (5/4/2022).

Edwin mengatakan, usai menjual Astra dia sempat membuka dua tiga usaha dan gagal. Hingga akhirnya dia mendapat kesempatan untuk ikut tender Kerja Sama Operasi PT Telkom.

Beruntung, ketika masih di Astra, Edwin sempat mengurusi bagian telekomunikasi. Dia pun memberanikan diri untuk mengikuti tender tersebut. Ternyata, ada 50 perusahaan yang ikut tender dan hanya dipilih lima pemenang.

“Ketika itu saya mencari pinjaman Rp 15 juta untuk mengikuti tender tersebut. Saya tahu tender ini berat bahkan Pak Teddy Rachmat sempat meminta saya untuk mundur karena banyak saingan. Dia juga mengatakan bahwa saya bukan lagi pemilik Astra sehingga akan sulit untuk menang tender. Tapi saya memutuskan untuk tetap mencoba,” kata Edwin.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...