Survei KIC: 300-an Judul Drama Korea Sudah Ditonton Warga Indonesia

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
24 Juli 2022, 21:02
Drama Korea Favorit
Katadata

Zigi.id menggelar Korean Day pada Minggu, 24 Juli 2022 secara virtual. Mengusung tagline Research & Entertainment, pada kesempatan ini juga dirilis hasil survei yang dilakukan oleh Katadata Insight Center (KIC).

Survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) bersama Zigi.id mengungkapkan, lebih dari 300 judul drama Korea sudah ditonton oleh warga Indonesia. Descendants of The Sun menjadi K-Drama yang paling banyak disukai responden yaitu 8,8%.

Advertisement

Analis riset dan survei Katadata Insight Center Rizky Aggia mengatakan, survei dilakukan secara daring dengan jumlah 1.609 responden pada 20-29 Juni 2022.

“Banyaknya pilihan K-Drama yang ada membuat sangat beragamnya jawaban responden. Dari survei ini setidaknya terlihat lebih dari 300 judul drama sudah ditonton orang Indonesia,” kata Rizky saat menjadi pembicara dalam webinar Korean Day di sesi Launching Korean Survei KIC X ZIGI: Potret Aktivitas dan Belanja Penggemar Korea di Indonesia, Minggu (25/7/2022).

Berdasarkan survei tersebut, lima drama Korea yang paling disukai setelah Descendants of the Sun adalah Goblin (6,5 persen), Vincenzo (5,9 persen) dan True Beauty serta Squid Game (5,5 persen).

“Drama Korea mencuri perhatian publik Indonesia sejak tayangnya Winter Sonata pada 2002 dan Endless Love pada 2000 di layar TV Indonesia. Tayangan inilah yang diyakini menjadi gerbang masuknya Korean Wave ke Indonesia,” jelas Rizky.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement