Medco Power Indonesia Akan Transisi Bisnis Menuju Energi Rendah Karbon

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
23 Agustus 2022, 16:25
Medco Power Indonesia Akan Transisi Bisnis Menuju Energi Rendah Karbon
Katadata

Indonesia mempunyai potensi energi baru terbarukan yang besar. Berdasarkan data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, potensi EBT yang dimiliki Indonesia mencapai 3.600 Giga Watt sedangkan kebutuhan listrik nasional hanya 60 Giga Watt. Potensi EBT ini bisa dijadikan sumber devisi.

Namun, terlepas dari semua potensi dan keuntungan tersebut, ada juga tantangan yang masih menjadi pekerjaan rumah atau PR bagi pemerintah dan rakyat Indonesia.

“Cuma tantangannya kembali pada energi trilema, yaitu apakah harga ET itu terjangkau, karena kita harus memastikan harga-harga listrik bisa terjangkau. Kedua, adanya isu mengenai security, supply nya harus terjamin setiap saat mengingat sebagian dari sifat energi terbarukan adalah intermittencies, itu PR bersama,” ungkap Presiden Direktur PT Medco Indonesia Eka Satria pada webinar KATADATA SAFE 2022, Selasa (23/8/2022).

Eka Satria mengatakan, Medco Power Indonesia juga sedang melakukan transisi bisnis menuju energi rendah karbon dari fosil ke energi yang lebih bersih.

“Medco Power sudah mengoperasikan pembangkit geothermal terbesar, kami juga investasi di minihydro di Jawa Barat. Selain itu kami juga menyelesaikan PLTS terbesar di Indonesia dengan kapasitas 26 MW,” kata Eka Satria.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...